Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turki Siapkan Diri Jadi "Tuan Rumah"

Kompas.com - 11/06/2011, 20:20 WIB

KOMPAS.com - Gelombang kekerasan oleh Suriah terhadap warganya sendiri memicu membengkaknya jumlah pengungsi ke Turki. Sampai kini, seturut warta AP dan AFP pada Sabtu (11/6/2011), 4.300 warga Turki mencari perlindungan di Turki.

Sejatinya, jumlah ini jauh lebih kecil ketimbangan kenyataan yang ada. Soalnya, banyak warga Suriah yang masuk ke Turki melalui perbatasan tanpa dapat dikontrol pihak militer Turki.

Menariknya, Turki terkesan bersiap diri menyambut para pengungsi. Pejabat senior Kementerian Luar Negeri Turki Halit Cevik, mengatakan Turki akan menangani kriris pengungsi ini dengan sebaik mungkin.

Warga Suriah itu kebanyakan lari dari kota Jisr al-Shughour yang menjadi sasaran penumpasan oleh tentara pemerintah. Seorang saksi mata menceritakan serangan tank terhadap satu desa berdekatan pada Jumat (10/6/2011) pagi menewaskan banyak orang dan merusak tanaman pangan.

Pemerintah Suriah mengatakan pasukannya masuk ke kota itu untuk memulihkan ketertiban setelah 120 personel keamanan terbunuh. Bentrokan di segenap pelosok negara itu menimbulkan korban jiwa paling sedikit 32 orang.

Ratusan orang terbunuh dalam penumpasan pada minggu-minggu belakangan ini oleh penguasa terhadap aksi protes antipemerintah yang bermula pada Maret.

Sementara itu, Gedung Putih di Washington mengecam keras penggunaan kekerasan berlebihan oleh Suriah terhadap pengunjuk rasa. AS minta agar tindak kekerasan dihentikan segera.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com