Turki Siapkan Diri Jadi "Tuan Rumah"

Kompas.com - 11/06/2011, 20:20 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Gelombang kekerasan oleh Suriah terhadap warganya sendiri memicu membengkaknya jumlah pengungsi ke Turki. Sampai kini, seturut warta AP dan AFP pada Sabtu (11/6/2011), 4.300 warga Turki mencari perlindungan di Turki.

Sejatinya, jumlah ini jauh lebih kecil ketimbangan kenyataan yang ada. Soalnya, banyak warga Suriah yang masuk ke Turki melalui perbatasan tanpa dapat dikontrol pihak militer Turki.

Menariknya, Turki terkesan bersiap diri menyambut para pengungsi. Pejabat senior Kementerian Luar Negeri Turki Halit Cevik, mengatakan Turki akan menangani kriris pengungsi ini dengan sebaik mungkin.

Warga Suriah itu kebanyakan lari dari kota Jisr al-Shughour yang menjadi sasaran penumpasan oleh tentara pemerintah. Seorang saksi mata menceritakan serangan tank terhadap satu desa berdekatan pada Jumat (10/6/2011) pagi menewaskan banyak orang dan merusak tanaman pangan.

Pemerintah Suriah mengatakan pasukannya masuk ke kota itu untuk memulihkan ketertiban setelah 120 personel keamanan terbunuh. Bentrokan di segenap pelosok negara itu menimbulkan korban jiwa paling sedikit 32 orang.

Ratusan orang terbunuh dalam penumpasan pada minggu-minggu belakangan ini oleh penguasa terhadap aksi protes antipemerintah yang bermula pada Maret.

Sementara itu, Gedung Putih di Washington mengecam keras penggunaan kekerasan berlebihan oleh Suriah terhadap pengunjuk rasa. AS minta agar tindak kekerasan dihentikan segera.

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.