Tentara Suriah Biang Keladi Pengungsian

Kompas.com - 10/06/2011, 17:51 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Kekerasan bersenjata dengan alasan menumpas pemberontak oleh tentara Suriah diduga menjadi pemicu makin membesarnya gelombang pengungsian ke Turki. Menurut warta AP dan AFP pada Jumat (10/6/2011), tentara Suriah tengah melancarkan operasi militer di kota Jisr al-Shughour berikut kawasan sekitarnya. Dengan sandi operasi pemulihan, tentara Suriah menganggap kota itu merupakan basis pemberontak.

Alhasil, operasi itu meningkatkan pengungsian rakyat ke Turki.  Pemerintah Turki menyebutkan lebih dari 2.000 warga Suriah sudah melintasi perbatasan sebagai antisipasi atas yang disebut sebagai operasi pemulihan di Jisr al-Shughour. Sebelumnya pemerintah Suriah mengatakan 120 tentara di kota sebelah barat laut itu tewas.

Damaskus menuding kelompok bersenjata yang menewaskan 120 tentara tersebut. Tapi, ada laporan yang menyebutkan terjadi pemberontakan di kalangan aparat keamanan.

Sejatinya, perlawanan di Jisr al-Shughour merupakan ancaman berat bagi Presiden Bashar al-Assad Pemerintah lokal mengatakan warga setempat yang meminta campur tangan pemerintah untuk memulihkan perdamaian dan ketenangan di kota itu.

Kelompok hak asasi manusia mengatakan 1.100 orang lebih tewas dalam aksi unjuk rasa di Suriah sejak Maret yang menentang kepemimpinan Presiden Assad.

Pergolakan di Suriah ini menyebabkan perbedaan pendapat di kalangan Dewan Keamanan PBB. Perancis dan Inggris mengusulkan sebuah resolusi untuk mengecam aksi pemerintah, namun tidak mendapat dukungan sepenuhnya. Brasil, China, dan Rusia berpendapat bahwa resolusi seperti itu -yang tidak diikuti tindakan nyata- justru bisa memperburuk ketegangan di kawasan Timur Tengah yang sedang bergejolak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.