Pakistan Pulangkan Pelatih Militer AS

Kompas.com - 10/06/2011, 09:58 WIB
EditorKistyarini

ISLAMABAD, KOMPAS.com — Pakistan mengirim pulang 90 dari 135 personel latih militer Amerika Serikat setelah Islamabad "menilai ulang persyaratan kami", demikian The Telegraph melaporkan, Jumat (10/6/2011).

Pihak Pentagon membenarkan bahwa mereka mengurangi jumlah tentara, tetapi tidak mengungkapkan jumlahnya.

Seorang pejabat militer Pakistan mengatakan, "Di wilayah yang sangat memerlukan kemampuan teknis dan pemeliharaan dan kami tidak memilki orang yang sesuai, di situlah kami membutuhkan mereka."

"Kalau tidak, mereka kami minta pergi," lanjutnya.

Sentimen anti-Amerika sangat kuat di Pakistan dan ada ketegangan di antara kedua negara tersebut sebelum Osama bin Laden diketahui tinggal di Abbottabad, sebuah kota garnisun di Pakistan.

Pakistan pertama kali memerintahkan tentara AS meninggalkan negeri itu ketika terjadi reaksi anti-Amerika setelah Raymon Davis, seorang kontraktor keamanan, menembak mati dua lelaki di Lahore pada Januari 2011.

Penyerbuan ke rumah Osama memperburuk hubungan kedua negara. Pihak AS meyakini bahwa Osama mendapat dukungan dari beberapa elemen militer Pakistan sehingga bisa bersembunyi dengan aman di negara tersebut. Sementara Islamabad masih marah karena serbuan AS itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.