Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakistan Pulangkan Pelatih Militer AS

Kompas.com - 10/06/2011, 09:58 WIB

ISLAMABAD, KOMPAS.com — Pakistan mengirim pulang 90 dari 135 personel latih militer Amerika Serikat setelah Islamabad "menilai ulang persyaratan kami", demikian The Telegraph melaporkan, Jumat (10/6/2011).

Pihak Pentagon membenarkan bahwa mereka mengurangi jumlah tentara, tetapi tidak mengungkapkan jumlahnya.

Seorang pejabat militer Pakistan mengatakan, "Di wilayah yang sangat memerlukan kemampuan teknis dan pemeliharaan dan kami tidak memilki orang yang sesuai, di situlah kami membutuhkan mereka."

"Kalau tidak, mereka kami minta pergi," lanjutnya.

Sentimen anti-Amerika sangat kuat di Pakistan dan ada ketegangan di antara kedua negara tersebut sebelum Osama bin Laden diketahui tinggal di Abbottabad, sebuah kota garnisun di Pakistan.

Pakistan pertama kali memerintahkan tentara AS meninggalkan negeri itu ketika terjadi reaksi anti-Amerika setelah Raymon Davis, seorang kontraktor keamanan, menembak mati dua lelaki di Lahore pada Januari 2011.

Penyerbuan ke rumah Osama memperburuk hubungan kedua negara. Pihak AS meyakini bahwa Osama mendapat dukungan dari beberapa elemen militer Pakistan sehingga bisa bersembunyi dengan aman di negara tersebut. Sementara Islamabad masih marah karena serbuan AS itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com