Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dendam Militan "Bakar" Pakistan

Kompas.com - 09/06/2011, 19:29 WIB

KOMPAS.com - Sudah patut diduga, kelompok militan, terlebih Al Qaeda, menaruh dendam atas tewasnya dua petinggi yakni Osama bin Laden dan Ilyas Kashmiri. Alhasil, mereka pun melakukan serangan ke sebuah pos militer di Makeen, di distrik kesukuan Waziristan Selatan. Sebagaimana warta AP dan AFP pada Kamis (9/6/2011), serangan bersenjata itu membunuh delapan tentara Pakistan.

Waziristan Selatan adalah kawasan yang dekat dengan perbatasan Pakistan dan Afganistan.  Kawasan tersebut juga menjadi sasaran serangan misil oleh pesawat tak berawak Pakistan dalam beberapa hari terakhir. Insiden serangan itu pun menewaskan Kashmiri beberapa waktu lalu.

Ketegangan meningkatkan di seluruh kawasan perbatasan akibat dugaan yang semakin kuat bahwa Pakistan sedang bersiap untuk melakukan setidaknya serangan terbatas di Waziristan Utara.

Para pejabat setempat mengatakan orang-orang militan bersenjata roket dan senjata berat menyerbu pos pemeriksaan selepas Kamis tengah malam.  Aparat keamanan Pakistan membalas serangan dan baku tembak terjadi setidaknya selama tiga jam. Beberapa laporan menyebutkan kawanan militan tersebut berasal dari Taliban.

Banyak kelompok militan diyakini berlindung di kawasan kesukuan semiotonomi di Waziristan Selatan dan Utara. Kawasan tersebut digambarkan oleh aparat Amerika sebagai tempat paling berbahaya di muka Bumi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com