Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Bandang, 24 Warga Tewas

Kompas.com - 08/06/2011, 21:25 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Hujan lebat melanda satu daerah di China selatan dan timur yang dihantam kekeringan menewaskan 24 orang dan memaksa lebih dari 100.000 orang mengungsi, demikian dikatakan media pemerintah, Rabu (8/6/2011).

Mereka yang tewas, sekitar 21 orang, sebagian besar berasal dari Provinsi Guizhou. "Diperkirakan 100.000 orang terpaksa mengungsi untuk menyelamatkan diri dari air yang meningkat dalam beberapa hari belakangan ini," kata kantor berita Xinhua.

Diperkirakan sejumlah 30 orang dilaporkan hilang di Guizhou. "Jumlah korban kemungkinan masih akan terus bertambah," kata kantor berita tersebut.

Sementara, korban tewas lainnya dilaporkan berasal dari Provinsi Jiangsu. "Guizhou masih akan dilanda hujan lebat dalam beberapa hari ke depan, dan pemerintah telah mengirim satu tim tanggap darurat ke wilayah-wilayah yang paling parah," katanya.

Kemarau telah merusak tanaman dan menyebabkan terganggunya pasokan listrik dari pusat listrik tenaga air karena bendungan-bendungan kekurangan air.

Hujan menimbulkan harapan bagi para petani bahwa mereka akan dapat menanam padi pertengahan tahun setelah musim tanam awal terganggu akibat kekeringan.

Kekeringan berdampak pada jutaan hektare tanah pertanian terutama di lima Provinsi Hunan, Hube, Jiangxi, Anhui dan Jiangsu serta sepanjang daerah tengah dan hilir sungai Yangtze.

Hasil beras di lima provinsi itu hampir separuh dari produksi beras seluruh China , kata data resmi. Tetapi musim tanam awal hanya 16 persen dari 196 juta ton produksi tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com