Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kordofan Selatan Biang Konflik

Kompas.com - 07/06/2011, 20:00 WIB

KOMPAS.com - Negara Bagian Kordofan Selatan bakal menjadi sumber konflik baru antara Sudan dan Sudan Selatan. Menurut warta Xinhua pada Selasa (7/6/2011), negara bagian itu terletak di perbatasan antara kedua negara. Sementara, deklarasi kemerdekaan Sudan Selatan bakal terlaksana pada Sabtu (9/7/2011).

Di Kordofan Selatan, dua hari lalu, terjadi baku tembak antara kedua belah pihak. Insiden itu membunuh satu orang serdadu Sudan sekaligus melukai banyak lagi orang dari kedua pihak tersebut.

Pihak PBB sendiri mengakui adanya tembakan-tembakan di Kadogli, ibu kota Kordofan Selatan pada Senin malam. Tapi, tak ada informasi tambahan mengenai pelaku.

Angkatan Bersenjata Sudan (SAF) dalam pernyataan di laman Kementerian Pertahanan Sudan mengatakan satu orang serdadu Sudan tewas dan tujuh lainnya terluka dalam bentrokan antarmiliter kedua pihak pada Minggu (5/6/2011). Insiden itu terjadi di Desa Um Dorain, 48 kilometer timur Kadogli. SAF menuding Angkatan Bersenjata Pembebasan Rakyat Sudan (SPLA) lebih dulu menyerang Um Dorain.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com