Kordofan Selatan Biang Konflik

Kompas.com - 07/06/2011, 20:00 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Negara Bagian Kordofan Selatan bakal menjadi sumber konflik baru antara Sudan dan Sudan Selatan. Menurut warta Xinhua pada Selasa (7/6/2011), negara bagian itu terletak di perbatasan antara kedua negara. Sementara, deklarasi kemerdekaan Sudan Selatan bakal terlaksana pada Sabtu (9/7/2011).

Di Kordofan Selatan, dua hari lalu, terjadi baku tembak antara kedua belah pihak. Insiden itu membunuh satu orang serdadu Sudan sekaligus melukai banyak lagi orang dari kedua pihak tersebut.

Pihak PBB sendiri mengakui adanya tembakan-tembakan di Kadogli, ibu kota Kordofan Selatan pada Senin malam. Tapi, tak ada informasi tambahan mengenai pelaku.

Angkatan Bersenjata Sudan (SAF) dalam pernyataan di laman Kementerian Pertahanan Sudan mengatakan satu orang serdadu Sudan tewas dan tujuh lainnya terluka dalam bentrokan antarmiliter kedua pihak pada Minggu (5/6/2011). Insiden itu terjadi di Desa Um Dorain, 48 kilometer timur Kadogli. SAF menuding Angkatan Bersenjata Pembebasan Rakyat Sudan (SPLA) lebih dulu menyerang Um Dorain.

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.