Pulang Amankan Demo, 80 Polisi Tewas Diserang

Kompas.com - 07/06/2011, 15:29 WIB
EditorKistyarini

DAMASKUS, KOMPAS.com — Sekelompok lelaki bersenjata menewaskan 80 polisi pada Senin (6/6/2011) di Jisr al-Shughour di Provinsi Idleb, Suriah timur laut, kata kantor berita SANA

Para polisi sedang dalam perjalanan mereka ke Jisr al-Shughour untuk meredakan kerusuhan ketika mereka disergap kelompok bersenjata itu, kata SANA.     

Dikatakan bahwa sekitar 37 aparat  keamanan lainnya tewas ketika kelompok-kelompok bersenjata itu menyerang sebuah pusat keamanan di Jisr al-Shugour.    

Ia menambahkan bahwa delapan penjaga  kantor pos pusat di daerah itu juga tewas oleh serangan yang dilakukan kelompok-kelompok bersenjata yang meledakkan kantor itu.     

Menurut SANA, ratusan orang bersenjata telah menyerang sejumlah bangunan pemerintah, menewaskan tiga penjaga, dan membakar bangunan lainnya.     

Bala bantuan keamanan telah mencapai daerah itu untuk melindungi warga sipil, kata SANA. Para agen keamanan dan polisi telah menutup beberapa rumah, di mana orang-orang bersenjata telah mengepung untuk menembaki warga sipil dan tentara.     

Suriah telah dilanda gelombang protes sejak 15 Maret yang diserbu untuk reformasi dan kebebasan lebih luas di negara itu.     

Presiden Suriah Bashar al-Assad pada awalnya menanggapi aksi-aksi protes antipemerintah yang belum pernah terjadi sebelumnya  dengan menawarkan beberapa konsesi, termasuk pencabutan keadaan darurat yang berlaku sejak 1963, melepaskan ratusan tahanan politik, dan merombak pemerintahan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.