Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulang Amankan Demo, 80 Polisi Tewas Diserang

Kompas.com - 07/06/2011, 15:29 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com — Sekelompok lelaki bersenjata menewaskan 80 polisi pada Senin (6/6/2011) di Jisr al-Shughour di Provinsi Idleb, Suriah timur laut, kata kantor berita SANA

Para polisi sedang dalam perjalanan mereka ke Jisr al-Shughour untuk meredakan kerusuhan ketika mereka disergap kelompok bersenjata itu, kata SANA.     

Dikatakan bahwa sekitar 37 aparat  keamanan lainnya tewas ketika kelompok-kelompok bersenjata itu menyerang sebuah pusat keamanan di Jisr al-Shugour.    

Ia menambahkan bahwa delapan penjaga  kantor pos pusat di daerah itu juga tewas oleh serangan yang dilakukan kelompok-kelompok bersenjata yang meledakkan kantor itu.     

Menurut SANA, ratusan orang bersenjata telah menyerang sejumlah bangunan pemerintah, menewaskan tiga penjaga, dan membakar bangunan lainnya.     

Bala bantuan keamanan telah mencapai daerah itu untuk melindungi warga sipil, kata SANA. Para agen keamanan dan polisi telah menutup beberapa rumah, di mana orang-orang bersenjata telah mengepung untuk menembaki warga sipil dan tentara.     

Suriah telah dilanda gelombang protes sejak 15 Maret yang diserbu untuk reformasi dan kebebasan lebih luas di negara itu.     

Presiden Suriah Bashar al-Assad pada awalnya menanggapi aksi-aksi protes antipemerintah yang belum pernah terjadi sebelumnya  dengan menawarkan beberapa konsesi, termasuk pencabutan keadaan darurat yang berlaku sejak 1963, melepaskan ratusan tahanan politik, dan merombak pemerintahan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com