Hatta: RI Tak Bergantung pada Sapi Australia

Kompas.com - 07/06/2011, 07:30 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Australia mengancam akan menghentikan ekspor sapinya ke Indonesia. Namun, Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengungkapkan, kebutuhan impor sapi Indonesia tidak hanya bergantung pada Australia.

Ada beberapa pilihan negara yang dapat menjadi pemasok sapi selain Australia, sebut saja Selandia Baru dan Brasil. Terlepas dari hal tersebut, Hatta meminta Indonesia bisa mengembangkan peternakan dalam negeri.

"Harusnya kita mengembangkan peternakan kita dalam skala yang cukup baik. Misalkan di NTB, NTT, dan Papua. Tiga daerah ini bisa dijadikan lumbung pangan daging kita," katanya.

Hatta pun menargetkan dalam kurun waktu sampai 2014, Indonesia bisa memasok kebutuhan di dalam negeri. "Bagaimanapun caranya, pasokan sapi untuk kebutuhan daging harus mencukupi. Lebih-lebih mendekati bulan puasa dan Lebaran," ujarnya. (Yudho Winarto/Kontan)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.