Pasokan Sapi dari Australia Masih Lancar

Kompas.com - 06/06/2011, 17:16 WIB
EditorAgus Mulyadi

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Perdagangan, Mari Elka Pangestu, menegaskan, pasokan sapi bakalan dari Australia sejauh ini masih lancar. Ancaman penghentian sifatnya tidak menyeluruh, tetapi hanya pada rumah pemotongan hewan yang tidak memenuhi persyaratan.

"Ada 12 rumah pemotongan hewan (RPH) yang diidentifikasi menyalahi ketentuan. Merekalah yang terancam pasokannya dihentikan. RPH yang lain, yang sudah penuhi persyaratan pasokan sapi, tetap berlanjut. Isu sapi sudah masuk dalam kesepakatan bilateral. Indonesia dan Australia tetap komitmen kerja sama dalam hal perternakan sapi," papar Mari di Jakarta, Senin (6/6/2011).

Menurut dia, Australia menjadi pemasok utama sapi bakalan karena pertimbangan jarak, sehingga biaya bisa ditekan. Selain itu, Australia sudah mendapatkan sertifikat bebas penyakit sapi, selain Amerika Serikat dan New Zealand, sehingga faktor keamanan lebih terjamin. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.