Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Endeavour Pensiun, Tinggal Atlantis

Kompas.com - 06/06/2011, 16:44 WIB

KOMPAS.com - Misi pesawat ulang alik NASA, Endeavour, telah disudahi tepat pada 1 Juni 2011. Endeavour mendarat dengan sukses di landasan Stasiun Antariksa Kennedy di Florida, AS. Pendaratan tersebut mengantar Endeavour ke akhir karier antariksanya yang telah berlangsung selama 19 tahun.

Pesawat Endeavour menjadi pesawat kedua dari tiga pesawat antariksa Amerika yang akan dipensiunkan. Sebelumnya, pesawat Discovery pun mengakhiri periode tugas, sesudah menuntaskan misi ke-39 Maret lalu.

Endeavour telah menempuh total jarak 122 juta mil dalam 25 kali penerbangan yang menghabiskan waktu selama lebih dari dua minggu di luar angkasa pada misi terakhir, mengantar detektor sinar kosmik senilai 2 miliar dolar AS dan suku cadang ke stasiun antariksa internasional (ISS). Kini Endeavour sudah dipersiapkan untuk dipamerkan di museum sains di Los Angeles.

Misi Terakhir Atlantis

Dan setelah ini perhatian tertuju pada Atlantis, yang bakal menuntaskan misi terakhirnya di 8 Juli 2011 mendatang. Misi pertama Atlantis sendiri adalah tahun 1985, saat pertama kali ia diluncurkan.

Selain ketiga pesawat itu, ada pula pesawat-pesawat terdahulu yaitu Challenger dan Columbia. Namun baik Challenger dan Columbia tidak dapat dianggap menyelesaikan misinya karena mengalami kecelakaan dan meledak di angkasa.

Kini NASA tengah menginvestasikan dananya untuk pengembangan sistem penerbangan luar angkasayang dapat membawa manusia ke planet lain atau asteroid terdekat dalam kapsul atau roket. Wahana yang digunakan tak lagi mengandalkan pesawat ulang alik.(National Geographic Indonesia/Gloria Samantha)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com