Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dipindah dari RS, Mladic Mulai Huni Sel

Kompas.com - 06/06/2011, 09:13 WIB

DEN HAAG, KOMPAS.com - Mantan panglima Serbia Bosnia Ratko Mladic yang menghadapi tuduhan kejahatan perang di Den Haag, Belanda, telah dipindahkan dari rumah sakit penjara ke dalam sel, kata pengacaranya Milos Saljic, Minggu (5/6/2011).

Mladic (68) ditangkap di Serbia pada 26 Mei lalu setelah 16 tahun dalam pelarian. Dia kemudian di ektradisi ke Den Haag untuk menghadapi persidangan di Pengadilan Kriminal Internasional untuk Bekas Yugoslavia (ICTY).

Mladic dan keluarganya mengeluhkan kondisi kesehatannya yang buruk. Namun dokter pengadilan di Beograd menyimpulkan kondisi Mladic memungkinkan untuk melakukan perjalanan ke Den Haag. Di kota itu lelaki yang dijuluki Penjagal Bosnia itu dimasukkan ke rumah sakit penjara.

Menurut Saljic, kondisi kliennya tidak berubah. Sebelumya, dia mengatakan sakit Mladic cukup parah sehingga kemungkinannya untuk hidup hingga persidangan selesai cukup kecil.

Mladic akan diadili atas kejahatan perang dan genosida selama Perang Bosnia 1992-1995.

Dia diyakini memerintahkan pembantaian 8.000 warga muslim Bosnia di Srebrenica pada 1995, kekejaman tunggal terburuk di Eropa sejak Perang Dunia II.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com