Presiden Yaman Ali Abdullah Tidak Tewas

Kompas.com - 03/06/2011, 23:21 WIB
EditorBenny N Joewono

SANAA, KOMPAS.com - Televisi milik negara Yaman Jumat (3/6/2011) melaporkan, Presiden Ali Abdullah Saleh telah dipindahkan ke suatu tempat yang aman dan dia kini dalam kondisi baik.

"Berita sekilas itu menyusul laporan sebelumnya bahwa Presiden Abdullah Saleh dan beberapa pejabat tingginya menderita luka-luka saat istana Saleh di ibu kota Sanaa diserang tembakan-tembakan," kata seorang perwira keamanan kepada Xinhua.

Saleh menderita luka ringan dan tidak benar dikabarkan tewas. "Sedangkan Perdana Menteri Yaman Ali Mujawar, Wakil PM Rashid al-Alami dan Ketua Parlemen Yahya al-Raiee cedera akibat tembakan mortir," kata pejabat yang tak bersedia disebut namanya itu.

Dia menjelaskan, meriam-meriam itu ditembakkan oleh orang-orang suku bersenjata dari dalam kompleks permukiman pemimpin oposisi Hameed al-Ahmar, saudara dari Saduq al-Ahmar yang memimpin bentrokan sengit di jalanan selama dua pekan.

"Pasukan Garda Republik dan pasukan khusus lainnya segera merespon dengan menembakkan meriam ke kompleks al-Ahmar di kabupaten Hadda, beberapa mil dari istana Saleh," kata pejabat itu menambahkan.

Namun demikian, televisi milik negara Yaman dalam laporannya terakhir mengatakan bahwa Presiden Saleh telah dipindahkan ke suatu tempat yang aman dan kini dia dalam kondisi baik.

Sementara itu para saksi mata sebelumnya mengatakan, beberapa tubuh dibawa keluar dari istana itu. Perkembangan terbaru itu terjadi setelah pertempuran dua pekan antara pasukan pemerintah dan orang suku bersenjata yang loyal kepada pemimpin oposisi Sadiq al-Ahmar yang menyebar ke wilayah utara, barat dan selatan ibu kota Sanaa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.