Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dubes RI: Suasana Yaman Makin Mencekam

Kompas.com - 03/06/2011, 23:12 WIB

SANAA, KOMPAS.com - Situasi keamanan di ibu kota Yaman, Sanaa, kian mencekam terutama bagi Duta Besar Republik Indonesia untuk Yaman, Nurul Aulia, para staf KBRI, dan sejumlah warga negara Indonesia yang berlindung di kantor perwakilan RI tersebut.

Dubes Aulia yang dihubungi ANTARA dari Kairo, Jumat (3/6/2011) petang waktu Kairo (Jumat malam WIB) mengungkapkan, pertempuran sengit sangat terasa mencekam dengan tembakan-tembakan senjata berat terdengar sudah mendekati Wisma Duta dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI).

"Tembakan-tembakan meriam terdengar sangat dekat berjarak sekitar sekitar 500 meter dari Wisma DUTA," katanya.

Menurut Dubes Aulia, tembakan itu tampaknya berlokasi di rumah kediaman Mayor Jenderal Ali Mohsen, perwira militer yang membelot dari kesatuannya untuk bergabung dengan oposisi anti-pemerintah pimpinan Presiden Ali Abdullah Saleh.

Dubes Aulia menjelaskan, sekitar dua setengah jam lalu, pemimpin suku bersenjata anti-pemerintah, Hamid Al Ahmar, dikabarkan telah ditangkap oleh aparat keamanan.

Dalam dua pekan terakhir, kelompok suku bersenjata pendukung Hamid Al Ahmar itu dilaporkan memasuki ibu kota Sanaa untuk bertempur melawan pasukan yang loyal kepada Presiden Abdullah Saleh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com