Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumat, Mladic Mulai Diadili

Kompas.com - 01/06/2011, 17:57 WIB

KOMPAS.com - Tersangka penjahat perang Ratco Mladic bakal berhadapan langsung dengan hakim pada Jumat (3/6/2011). Informasi AP dan AFP pada Rabu (1/6/2011) menunjukkan, Mahkamah Kejahatan Internasional untuk bekas Yugoslavia (ICTY) di Den Haag, Belanda mengeluarkan pernyataan terkait hal tersebut.

Mantan panglima militer Serbia-Bosnia itu diterbangkan dari Beograd, Selasa malam, setelah permintaannya untuk tidak diekstradisikan ke Den Haag ditolak oleh pengadilan Serbia.

Para hakim di ICTY menjadwalkan penampilan pertama Mladic di pengadilan pada pukul 08.00 GMT (14.00 WIB), Jumat. Dalam sidang perdana ini dia akan diminta untuk mengajukan pledoi, kata pernyataan yang dimuat di situs internet ICTY.

Mladic didakwa melakukan pengepungan selama 43 bulan terhadap ibu kota Bosnia, Sarajevo, dan membunuh 8.000 pria dan anak laki-laki Muslim di kota Srebrenica dekat dengan perbatasan Serbia dalam perang Bosnia 1992-1995.

Mladic sudah diperiksa oleh para dokter setelah menginap pada malam pertama di tahanan ICTY yang terletak di pinggir pantai. Seorang juru bicara tidak menyebutkan rincian mengenai kesehatan Mladic namun mengatakan dia akan mendapatkan perawatan kesehatan yang terbaik.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com