Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

De la Hoya Kecanduan Kokain dan Alkohol

Kompas.com - 30/05/2011, 19:00 WIB

LOS ANGELES, Kompas.com - Mantan petinju legendaris dan promotor ternama, Oscar De La Hoya  dikabarkan secara rutin memeriksakan diri ke klinik ketergantungan obat bius dan alkohol.

Meski belum ada pernyataan resmi, Oscar sendiri tidak menutupi keberadaannya  mengunjungi klinik ketergantungan tersebut. Melalui kaun twitter miliknya, De La Hoya kerap menuliskan pesan yang menyiratkan kondisinya yang sedang tidak normal.

Ia misalnya menulis,"Selamat pagi. hari ini adalah  hari untuk mengubah satu kebiasaan buruk." Atau di hari lainnhya ia menulis,"Jangan cari-cari alasan untuk (bunuh diri). Hidup itu ditentukan oleh apa yang kita lakukan dan bukan sebaliknya."

Bahkan melalui akunnya pula, ia menyapa orang-orang yang selama ini dianggap sebagai saingannya dalam bisnis di tinju profesional.  Mislanya kepada petinju Filipina, Manny Pacquiao. "Buat Manny Pacquiao maafkan terhadap apa yang selama ini saya lakukan. Anda adalah  petinju besar, dengan mau menerima permintaan maaf dari saya."

Atau juga kepada promotor yang lebih senior dari Top Rank, Bob Arum. "Kepada Bob Arum, pertama-tama saya meminta maaf secara rendah hati bahwa saya seringkali menyakiti hati anda..."

Pesan-pesan De la Hoya bukannya tidak bersambut.  Promotor Bob Arum  menjawab, "Kami bisa saja bekerja sama. Mungkin saja Pacquiao akan lebih dulu bertemu  petinju Golden Boy, Victor Ottiz, sebelum kita mempertemukan Pacquiao dengan (Floyd) Mayweather pada 2012."

Oscar De La Hoya dilahirkan di Los Angeles, 4 Februari 1973. Ia memulai karir sebagai petinju amatir dengan mencatat 223 kali menang (163 KO) dan hanya  5 kali kalah.  Pada 1989 ia menjadi juara turnamen tinju Golden Gloves, kejurnas tinju amatir AS. Pada 1992, De la Hoya mencapai puncak karirnya dengan merebut medali emas Olimpiade Barcelona.

De la Hoya terjun ke dunia tinju pro pada November 1992. Ia kemudian mencatat rekor dengan mengalahkan 17 juara dunia dan merebut 10 gelar juara dunia. Setelah mengalami kekalahan dari Manny Pacquiao, Desember 2008, De la Hoya menyatakan pensiun pada 14 April 2009. Saat itu ia sudah mengelola bisnis tinju profesional dengan nama sesuai julukannya sebagai petinju,"Golden Boy Promotions."

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com