Mubarak Mengaku Cuma Punya Rp 8,5 M

Kompas.com - 30/05/2011, 09:11 WIB
EditorKistyarini

KAIRO, KOMPAS.com — Kekayaan Presiden Mesir terguling, Hosni Mubarak, sekarang tidak lebih dari 1 juta dollar AS (Rp 8,5 miliar) dan ia tidak memiliki aset di luar negeri, pengacaranya mengatakan, Minggu (29/5/2011).    

Dalam wawancara dengan CNN, Farid ed-Deeb juga mengatakan bahwa Mubarak telah membantah semua tuduhan korupsi dan pembunuhan demonstran dalam demonstrasi yang menjatuhkannya pada Februari lalu. "Ia sangat sedih dan meminta maaf karena ia tidak membayangkan tuduhan seperti itu," kata ed-Deeb.     

"Jumlah seluruh kekayaannya menjadi sekitar 6 juta pound Mesir yang ia tabung dari kerja selama 62 tahun. Ia tidak memiliki apa pun yang lain di Mesir atau di luar Mesir."    

Ed-Deeb menyatakan, Mubarak memerlukan bantuan untuk pergi ke kamar mandi di rumah sakit di tempat wisata Sharm el-Sheikh di tepi Laut Merah, tempat ia ditahan.      "Presiden memiliki masalah jantung yang serius," ujar ed-Deeb. "Ia tidak menonton televisi atau apa saja yang lain. Mereka melarangnya melakukan hal itu untuk menghindari rasa kesakitan yang lebih bersifat psikologis."     

"Ia berbicara sangat sedikit dan menekan banyak perasaannya." Lebih dari 840 orang telah tewas dalam 18 hari demonstrasi yang menjatuhkan Mubarak. Sebanyak 26 polisi juga tewas. Mubarak dan dua bekas pejabat telah didenda 540 juta pound Mesir (Rp 900 miliar) oleh pengadilan, Sabtu (28/5/2011), karena memutus layanan internet dan telepon seluler selama demonstrasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.