Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocah Al Khatib, Ulangan Tragedi Bouazizi versi Suriah?

Kompas.com - 30/05/2011, 05:01 WIB

Siapa pun sulit untuk menahan kemarahan melihat tayangan berbagai stasiun televisi, Sabtu (28/5), yang memperlihatkan rekaman video jasad seorang bocah Suriah, Hamzah al-Khatib, yang penuh luka siksaan di seluruh tubuhnya.

Bocah berusia 13 tahun itu diduga tewas akibat siksaan aparat keamanan Suriah. Al Khatib, yang berasal dari desa Giza, dekat kota Daraa, ditangkap dekat desa Sidon di distrik Houran pada 29 April lalu ketika ia mencoba memasok makanan untuk para pengunjuk rasa yang terkepung di kota Daraa.

Keluarga Al Khatib selama ini memang bertanya-tanya tentang nasib Al Khatib yang tak kunjung pulang ke rumah setelah aktif mengikuti aksi unjuk rasa antirezim Presiden Bashar al-Assad. Mereka terentak seperti tak percaya menerima kabar dari aparat keamanan, Rabu lalu, bahwa Al Khatib sudah tak bernyawa lagi, dengan luka-luka di sekujur tubuhnya.

Tewasnya Hamzah al-Khatib mengingatkan kembali tentang tewasnya pedagang asongan Tunisia, Mohamed Bouazizi di provinsi Sidi Bouzid, 265 km arah selatan kota Tunis, dan pemuda Mesir, Khaled Said, di kota Alexandria, Mesir. Tewasnya Bouazizi dan Khaled Said telah meletupkan revolusi di Tunisia dan Mesir, yang akhirnya berhasil menumbangkan rezim diktator Presiden Zine al-Abidine Ben Ali dan Hosni Mubarak.

Bouazizi tewas bunuh diri ketika polisi menyita dagangannya berupa buah-buahan dan sayur-sayuran yang menjadi satu-satunya gantungan hidupnya.

Khaled Said (28) diambil secara paksa oleh aparat keamanan dari sebuah warnet di kota Alexandria pada Juni tahun 2010. Khaled Said, yang dituduh membongkar borok rezim Mubarak di jejaring sosial, seperti Facebook dan Twitter, akhirnya tewas akibat siksaan aparat keamanan itu.

Khaled Said kemudian menjadi nama alamat akun Facebook para pemuda Mesir yang membakar semangat rakyat negeri itu untuk turun ke jalan melawan rezim otoriter Presiden Hosni Mubarak.

Akankah tewasnya Hamzah al-Khatib juga menjadi awal menuju tumbangnya rezim Presiden Bashar al-Assad di Suriah?

Para aktivis oposisi Suriah menyerukan digelarnya aksi unjuk rasa antirezim yang berlangsung setiap hari terhitung mulai Sabtu sebagai penghormatan terhadap syahid Hamzah al-Khatib.

Para aktivis Suriah juga mulai ramai-ramai memberi nama alamat akun Facebook kelompok mereka dengan nama Syahid Hamzah al-Khatib. Dalam status akun itu tertulis, ”Saya tidak akan diam.”

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com