Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PBB, OKI, Liga Arab, dan AU Bahas Libya

Kompas.com - 29/05/2011, 09:00 WIB

KAIRO, KOMPAS.com — Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Organisasi Konferensi Islam (OKI), Liga Arab, dan Uni Afrika (AU) dijadwalkan bertemu di Kairo, Mesir, pada Senin (30/5/2011) untuk mencari penyelesaian menyangkut krisis Libya.

"Pertemuan badan-badan dunia itu akan memfokuskan pembahasan mengenai Libya," kata Sekretaris Jenderal Liga Arab Amr Moussa kepada surat kabar Al Hayat, Sabtu (28/5/2011).

Amr Moussa saat ini masih menjabat sebagai Sekjen Liga Arab kendati sekjen baru organisasi regional beranggotakan 22 negara Arab itu telah terpilih, yaitu Menteri Luar Negeri Mesir Nabil Al Arabi, dalam pertemuan tingkat Menlu Liga Arab di Kairo belum lama ini.

"Penyelesaian tidak bakal terwujud bila pertempuran terus berlangsung," katanya.

Sementara itu, pesawat-pesawat tempur NATO terus membombardir posisi-posisi strategis pasukan yang loyal kepada Presiden Moammar Khadafy.

Jaringan televisi pan Arab, Al Jazeera, melaporkan bahwa terdengar ledakan dahsyat di Bab Al Aziziya, Tripoli, yang berdekatan dengan kediaman Khadafy pada Sabtu pagi.

Pasukan NATO dilaporkan telah beberapa kali menargetkan serangannya di wilayah tersebut dalam sepekan terakhir.

Tekanan internasional semakin kuat setelah Presiden Rusia Dmitry Medvedev pada Jumat (27/5/2011) mendesak pemimpin flamboyan Libya itu untuk mengundurkan diri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com