Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gudang Senjata Meledak Tewaskan 28 Orang

Kompas.com - 26/05/2011, 16:19 WIB

SANA'A, KOMPAS.com — Sebuah gudang senjata yang berlokasi tak jauh dari permukiman di Sana'a, Yaman, meledak, Kamis (26/5/2011). Menurut Kementerian Pertahanan, korban tewas dalam peristiwa ini mencapai 28 orang.

Tempat penyimpanan senjata itu disebut sebagai miliki suku Al-Ahmar, salah satu penentang terkuat Presiden Ali Abdullah Saleh. Namun, pihak Al-Ahmar membantah pernyataan pemerintah itu. Menurut mereka, korban tewas sejumlah itu akibat serangan tentara pemerintah ke kawasan permukiman.

Pertempuran antara pasukan propemerintah dan pihak Al-Ahmar sudah berlangsung di Sanaa selama empat hari terakhir. Setidaknya, 109 orang tewas dari kedua pihak. Pertempuran yang dikhawatirkan mengarah pada perang kota itu pecah setelah tentara Saleh menyerbu kompleks kediaman Sheik Sadeq al-Ahmar, Senin (23/5/2011).

Pasukan Al-Ahmar berhasil menduduki setidaknya sembilan gedung kementerian, sementara tentara pemerintah membalasnya dengan tembakan tak henti ke kompleks kediaman Al-Ahmar di pusat kota Sana'a.

Pemerintah Yaman kian meningkatkan kampanye melawan Al-Ahmar dengan cara mengeluarkan surat perintah penangkapannya dan beberapa pemimpin suku lainnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com