Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Garuda Diancam

Kompas.com - 26/05/2011, 03:48 WIB

SURABAYA, KOMPAS - Dua pesawat jurusan Surabaya-Jakarta, Rabu (25/5), diancam akan meledak di udara. Hasil penyisiran, petugas justru menemukan paket yang dicurigai sebagai bahan peledak di ruang tunggu atau gate 8 penumpang Bandara Internasional Juanda, Surabaya.

Menurut General Manajer Angkasa Pura I, Trikora Harjo, di Bandara Internasional Juanda, ancaman peledakan terhadap dua pesawat Garuda itu disampaikan melalui faksimile di kantor AP I, Rabu (25/5) pukul 07.43, dengan pengirim atas nama Broto Saputro Charano.

Setelah dilakukan penyisiran oleh satuan antiteror dari Pasukan Katak Armatim TNI AL di areal terminal penumpang dan kargo. Sempat ditemukan tiga bungkusan yang mencurigakan di ruang tunggu penumpang pintu 8. Setelah diperiksa, satu dari tiga bungkusan berisi jelly yang positif sebagai bahan peledak.

Saat disisir, pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA 313 tujuan Surabaya-Jakarta itu akan terbang pukul 10.00 WIB. Pesawat dibawa ke tempat khusus untuk pengamanan. 100 orang penumpang bersama delapan kru pesawat diperiksa dan diturunkan dari pesawat. Seorang penumpang diketahui membawa serbuk, tetapi setelah diperiksa, serbuk itu adalah jamu.

Bungkusan bahan baku bom yang ditemukan di ruang tunggu penumpang gate 8 bandara diledakkan di kompleks Pangkalan Udara TNI AL, tak jauh dari bandara. Suara ledakan tersebut terdengar hingga radius 4 km.

Menurut Humas AP I, Fritson Mansyur, Angkasa Pura sebagai pengelola bandara kini melakukan penelitian terhadap lolosnya bungkusan jelly sebagai bahan baku pembuatan bom di ruang tunggu penumpang. Apalagi seluruh barang bawaan penumpang harus melalui alat deteksi X-ray. (ETA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com