Bentrokan Hari Ketiga Hilangkan 44 Nyawa

Kompas.com - 25/05/2011, 21:01 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Bentrokan dan kekerasan sudah memasuki hari ketiga di ibu kota Yaman, Sanaa. Menurut warta terkini AP dan AFP pada Rabu (25/5/2011), jumlah korban tewas sudah mencapai 44 orang. Baku tembak itu terjadi antara kelompok suku penentang Presiden Ali Abdullah Saleh melawan aparat keamanan.

Awalnya, pada Minggu (22/5/2011), Ali Abdullah Saleh kembali bersikukuh tak mau lengser. Kemudian, aparat keamanan menyerang kompleks pimpinan suku. Suku penentang tersebut dipimpin oleh Sheikh Sadeq al-Ahmar.

Sebuah laporan pada Rabu pagi menyatakan, pasukan pendukung al-Ahmar telah menguasai sejumlah gedung pemerintah. Mereka menduduki gedung kantor berita Saba dan maskapai penerbangan nasional, di samping berusaha menguasai kantor departemen dalam negeri.

Saleh tetap menolak keinginan lawan politiknya seperti dibacakan juru bicaranya, Rabu. "Saya tidak akan turun atau meninggalkan Yaman," kata juru bicara Ahmed al-Soufi mengutip pernyataan Presiden.

Ali Abdullah Saleh menepis kekhawatiran bahwa akan terjadi perang saudara dan Yaman akan menjadi negara yang kacau atau menjadi tempat perlindungan Al Qaeda. Lalu, Abdullah Saleh secara tersirat mengecam usaha pihak Barat untuk menengahi usaha peralihan. "Saya tidak menerima perintah dari luar," kata al-Soufi menirukan ucapan pemimpinnya.

Dia juga mengatakan, dirinya tetap siap menandatangani kesepakatan peralihan berdasarkan perundingan nasional dan mekanisme yang jelas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.