Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkeu Perancis Calonkan Diri

Kompas.com - 25/05/2011, 20:20 WIB

KOMPAS.com — Menteri Keuangan Christine Lagarde mencalonkan diri menjadi direktur pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) menggantikan Dominique Strauss-Kahn. Menurut warta AP dan AFP pada Rabu (25/5/2011), Lagarde dipandang sebagai calon favorit.

Sejatinya, Lagarde mendapat dukungan dari anggota IMF asal Eropa. Namun, negara-negara berkembang yang menyebut tradisi orang Eropa harus selalu memimpin IMF sudah ketinggalan zaman. Semua direktur pelaksana IMF yang berjumlah 10 orang sejak 1944 adalah orang Eropa.

"Jika terpilih, saya akan memberikan seluruh pengalaman saya sebagai pengacara, direktur perusahaan, menteri, dan seorang perempuan kepada IMF," kata Lagarde dalam jumpa pers di Paris.

Jika terpilih, Lagarde akan menjadi perempuan pertama yang memimpin IMF dalam sejarah 67 tahun lembaga ini.

Sebanyak 24 anggota dewan eksekutif IMF akan memilih direktur yang baru.  Lagarde mengatakan, dia mendapat dukungan penuh dari Presiden Nicolas Sarkozy dan Perdana Menteri Francois Fillon.

Dia menekankan, dirinya tidak meninggalkan jabatan di pemerintahan Perancis hanya karena mengumumkan pencalonannya sebagai direktur IMF yang baru. "Ada kandidat lainnya dan saya menantikan perdebatan yang baik di antara kami," katanya.

Dia juga memberikan penghargaan terhadap apa yang dilakukan Strauss-Kahn. "IMF telah bangkit menghadapi tantangan krisis keuangan karena apa yang dilakukan Dominique Strauss-Kahn beserta timnya," demikian Christine Lagarde.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com