Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim Semi di Beijing

Kompas.com - 25/05/2011, 15:09 WIB

Oleh: Mawar Kusuma

Bunga peony mulai bermekaran pada awal musim semi di Summer Palace. Istana musim panas kaisar China itu pun mulai diserbu wisatawan. Penduduk lokal turut menyeruput keindahannya sembari berharap bisa memperoleh berkah panjang umur seperti yang direguk sang kaisar.

Menurut legenda, kaisar China yang sudah kaya raya selalu terobsesi mewujudkan impian panjang umur. Istana Summer Palace dibangun pada zaman Dinasti Jin atas dasar impian kehidupan abadi di kawasan seluas 290 hektar. Istana sengaja dibangun bersandar di Bukit Panjang Umur dengan pemandangan mengarah ke Danau Kunming.

Jika dilihat secara keseluruhan dari atas, desain Summer Palace menyerupai bentuk kura-kura, binatang yang diyakini merupakan lambang panjang umur. Paviliun peristirahatan di tepi Danau Kunming diibaratkan sebagai kepala kura-kura, sementara jembatan merupakan lehernya. Pada bagian tempurung kura-kura, kaisar membangun kuil besar.

Air danau buatan yang dingin mampu meredam panasnya suhu musim panas di China yang bisa mencapai 40 derajat celsius. Istana musim panas ini hanya berjarak 15 kilometer dari Beijing yang menjadi pusat pemerintahan kaisar sehingga bisa ditempuh dengan berkuda.

Meski bangunan istana tertutup untuk masyarakat umum, wisatawan masih bisa memotret dan memandang keindahan bangunannya dari tepi danau. Orang-orang yang sudah lanjut usia terbiasa menikmati hangatnya mentari pagi musim semi dengan berolahraga, bermain musik, atau bermain layang-layang di atas jembatan Summer Palace.

Tiket masuk ke kawasan wisata Summer Palace cukup murah, 20 yuan per orang. Satu yuan setara Rp 1.329. Lokasi ini mampu memanjakan mata pengunjungnya dengan keindahan. Pengunjung dilarang berenang maupun memancing di danau. Pengunjung juga tak boleh bermain ice skating ketika air danau membeku di musim dingin.

Musim semi seperti saat ini menjadi masa terbaik untuk mengunjungi Summer Palace. Jumlah wisatawan biasanya akan mencapai puncaknya di musim panas dan tarif tiket masuk pun akan naik menjadi 30 yuan.

Summer Palace berumur lebih dari 300 tahun. Danau Kunming yang menjadi pesona alami keindahan Summer Palace juga memerankan peran penting dalam sejarah China sebagai lokasi lahirnya sekolah pertama angkatan laut Tiongkok yang pada masa Dinasti Han lebih banyak berperang di jalur sungai.

Tembok China

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com