Sudan Utara Tak Mau Kewarganegaraan Ganda

Kompas.com - 25/05/2011, 14:51 WIB
EditorEgidius Patnistik

KHARTOUM, KOMPAS.com — Presiden Sudan Omar al-Bashir, Selasa (25/5/2011), mengatakan, Sudan utara tidak akan mengizinkan kewarganegaraan ganda. Warga selatan yang ingin tinggal di Sudan utara harus mendapat izin tinggal setelah 9 Juli 2011 pada saat Sudan selatan resmi merdeka.

"Setelah 9 Juli akan ada jangka waktu sementara untuk warga selatan guna menyesuaikan status mereka. Setelah itu mereka akan dideportasi ke selatan," kata Al-Bashir saat berpidato pada perayaan guru Sudan di Khartoum, Selasa. "Tidak akan ada kewarganegaraan ganda. Warga yang ingin tinggal di Sudan utara harus memperoleh izin tinggal secara sah. Jika tidak, dia akan dideportasi ke selatan," tambahnya.

Sementara itu, Presiden Sudan mengakui bahwa Sudan utara telah menutup perbatasannya dengan Sudan selatan pada periode masa lalu, yang menghentikan pergerakan komoditas antara utara dan selatan Sudan. Pernyataan Presiden Sudan itu muncul pada saat ketegangan yang meningkat antara Sudan utara dan Sudan selatan karena perkembangan terakhir dari sengketa di daerah negara kaya minyak Abyei.

Angkatan Bersenjata Sudan (SAF) baru-baru ini mengambil alih Abyei dalam menanggapi serangan oleh Tentara Pembebasan Rakyat Sudan (SPLA) terhadap sebuah konvoi SAF yang mengakibatkan kematian 22 tentaranya. Sebuah referendum Abyei seharusnya diadakan pada 9 Januari 2011, bertepatan dengan referendum Sudan selatan, tetapi ditunda setelah ada perbedaan antara NCP dan SPLM tentang siapa yang memiliki hak untuk memilih dalam referendum.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.