Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Uji DNA Cocok

Kompas.com - 25/05/2011, 04:00 WIB

NEW YORK, Senin - Contoh DNA yang diambil dari mantan Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional Dominique Strauss-Kahn cocok dengan materi yang didapatkan dari seragam pekerja hotel.

Dua orang sumber yang menyatakan hal ini, Senin (23/5), tidak menjelaskan lebih lanjut material apa yang didapatkan dari kaus pekerja hotel itu, tetapi memastikan bahwa DNA yang didapatkan sama.

Uji coba juga dilakukan dengan sampel lain. Selama proses penyelidikan, petugas membawa sepotong karpet dan mengelap tempat cuci tangan serta permukaan lain di kamar hotel yang pernah ditempati Strauss-Kahn. Para penyelidik yakin karpet di kamar itu mengandung semen Strauss-Kahn.

Bukti forensik ini merupakan hal pertama yang menghubungkan Strauss-Kahn dengan perempuan pekerja hotel itu.

Pengacara Strauss-Kahn, Benjamin Brafman, menolak berkomentar atas temuan itu. Dalam persidangan pekan lalu, dia mengatakan kepada hakim bahwa bukti forensik yang dikembangkan tidak akan konsisten dengan upaya pemaksaan.

Juru bicara kepolisian New York, Paul J Browne, dan jaksa Distrik Manhattan enggan berkomentar mengenai hal ini. Selasa pagi waktu setempat, polisi menyangkal laporan tentang cocoknya hasil tes DNA tersebut. ”Belum ada hasil dan belum ada informasi tentang tes tersebut,” demikian pernyataan polisi.

Sementara itu, pengacara Strauss-Kahn juga sibuk mencari apartemen baru untuk kliennya yang akan tampil di sidang pada 6 Juni mendatang. Setelah ditolak oleh penghuni apartemen di kawasan mewah Upper East Side, Strauss-Kahn saat ini tinggal di Empire Building di Jalan Broadway 71, hanya sepelemparan batu jaraknya dari Wall Street.

Para penghuni di sini juga mengeluhkan ingar-bingar akibat kedatangan Strauss-Kahn sehingga manajemen apartemen memutuskan untuk meminta Strauss-Kahn pindah dari situ.

Hambatan Lagarde

Sementara itu, Menteri Keuangan Perancis Christine Lagarde semakin banyak mendulang dukungan untuk menduduki kursi nomor satu Dana Moneter Internasional (IMF). Bahkan, pejabat Perancis menyebutkan, China berada di belakang Lagarde. Meksiko mengajukan Gubernur Bank Sentral Agustin Carstens.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com