Oposisi Berburu Legitimasi

Kompas.com - 24/05/2011, 15:28 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Kelompok oposisi Libya yang tergabung dalam Dewan Peralihan Nasional (NTC) melakukan diplomasi ke berbagai negara untuk memperoleh pengakuan internasional. Kemarin, sebagaimana warta Xinhua, Ketua NTC Mustafa Abdel Jalil bertandang ke Turki. Dalam jumpa pers bersama, Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu mengatakan,"Keberadaan NTC sah."

Kendati demikian, Davutoglu menambahkan peralihan sistem politik di Libya harus berjalan damai. "NTC adalah perwakilan rakyat Libya," imbuhnya.

Lebih lanjut Davutoglu mengatakan Turki memiliki prioritas terkait kondisi terkini di Libya. Kesatuan teritorial Turki adalah hal yang harus terpelihara.

Sementara, dalam kesempatan sama Abdel Jalil menambahkan pihaknya mendukung proposal Turki untuk mengakhiri krisis di Libya. "Kami juga memahami upaya Turki sejak awal untuk mencegah pertumpahan darah di Libya," kata Abdel Jalil.

Lebih lanjut, Abdel Jalil menambahkan,"Kami mendukung rencana Turki yang merupakan simbol dan solidaritas sesuai keinginan rakyat Libya. Termasuk di dalamnya adalah melengserkan Moammar Khadafy dari Libya."

Proposal Turki berasal dari upaya Perdana Menteri Tayyip Erdogan pada April lalu demi mengakhiri perang di Libya. Isi proposal itu antara lain adalah upaya gencatan senjata, penarikan pasukan pro-Khadafy dari berbagai kota di Libya, serta penegakan demokrasi secepat mungkin.

Sebagai satu-satunya negara dengan pemeluk Islam terbesar dalam keanggotaan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), sejak awal Turki menentang serangan udara Barat ke Libya.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.