Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gembong Narkoba Dibekuk di Pesta Ulang Tahun

Kompas.com - 21/05/2011, 10:46 WIB

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Polisi Federal Meksiko menangkap seorang gembong narkoba dari Kartel Gulf di sebuah pesta yang diyakini sebgai pesta ulang tahunnya sendiri di Reynosa, Jumat (20/5/2011).

Menurut kepala operasi antinarkoba federal Meksiko, Ramon Pequeno, Gilberto Barragan Balderas (41) merupakan 'salah astu pemimpin Kartel Gulf'. Drug Enforcement Administration (DEA) atau badan narkoba Amerika Serikat menghargai kepalanya sebesar 5 juta dollar AS atau setara dengan Rp 42,7 miliar.

Barragan Balderas diduga bertanggung jawab atas operasi kartel tersebut di Miguel Aleman, yang berbatasan dengan Roma, Texas. Polisi menangkapnya di sebuah pesta di Reynosa, kota yang berbatasan Kota McAllen, Texas. Polisi menduga, pesta itu untuk merayakan ulang tahun Barragan Balderas yang jatuh pada 19 Mei. Selain menangkap dua rekan Barragan Balderas, polisi menyita satu senjata laras panjang dan tiga pistol.

DEA memburu lelaki 41 tahun itu dengan dakwaan penyelundupan narkoba ke AS yang terjadi pada 2008. Dalam pernyataannya DEA menyebut, Barragan Balderas 'bertanggung jawab mendapat informasi tentang pergerakan dan lokasi patroli polisi dan militer serta pos penjagaan, selain melindungi pengiriman kokain dan marijuana untuk Kartel Gulf dan Los Zetas sebelum kedua gang itu berseteru pada 2010.

Kedua geng itu kini menjadi musuh bebuyutan. Dikatakan oleh kepolisian federal, tugas Barragan Balderas adalah melindungi teritori Gulf di Tamaulipas dari serangan geng Zetas.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com