Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bunuh 4 Orang, Disuntik Mati Obat Hewan

Kompas.com - 20/05/2011, 11:32 WIB

ATMORE, KOMPAS.com - Seorang terpidana mati kasus pembunuhan empat orang pada 1992 di Alabama, AS, dieksekusi dengan cara disuntik dengan obat yang biasa digunakan untuk membunuh hewan.

Lelaki 42 tahun bernama Jason Oric Williams itu menjalani hukuman mati di Penjara Holman, Atmore, Alabama. Sebelumnya, tim pengacaranya menolak hukuman menggunakan obat tersebut. Mereka menilai perubahan jenis obat mematikan itu tidak pantas. Namun mereka tidak berhasil mendapatkan surat untuk penundaan eksekusi dari Mahkamah Agung AS.

Williams disuntik mati dengan obat pentobarbital, yang biasa digunakan untuk membunuh hewan. Obat ini menjadi salah satu bahan dari campuran mematikan untuk eksekusi mati. Produsen Pentobarbital, Lunbeck Inc dari Denmark, menentang penggunaannya untuk eksekusi.

Penggunaan pentobarbital mulai banyak digunakan dalam pelaksanaan hukuman mati karena minimnya sodium thiopental, yang selama ini digunakan untuk suntikan mematikan. Produsen obat ini sudah menghentikan pembuatannya.

Williams merupakan 'korban' pertama penggunakan pentobarbital sejak Alabama beralih dari sodium thiopental ke pentobarbital.

Pengadilan Alabama menjatuhkan hukuman mati kepada Williams setelah dia terbukti menembak mati empat orang. Dalam persidangan Williams mengaku sedang teler setelah menenggak LSD, kokain, dan minuman keras.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com