Bos IMF Bebas Tapi Dipasangi Monitor

Kompas.com - 20/05/2011, 09:48 WIB
EditorEgidius Patnistik

NEW YORK, KOMPAS.com — Pengadilan Tinggi New York, Kamis (19/5/2011), membebaskan mantan Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Dominique Strauss-Kahn dari penjara dengan mengharuskannya bayar uang jaminan sebesar 6 juta dollar AS atau setara Rp 51,3 miliar. Strauss-Kahn yang dipenjara sejak Senin lalu terkait tuduhan percobaan pemerkosaan terhadap seorang pelayan kamar hotel juga akan segera menjalani sidang terkait tuduhan itu dan, meski bebas, ia tetap diawasi selama 24 jam.

Strauss-Kahn akan dibawa ke sebuah apartemen di Manhattan yang istrinya—jurnalis Perancis dan ahli waris seorang jutawan, pengusaha di bidang karya seni, Anne Sinclair—menyewa menjelang sidang di Pengadilan Tinggi Mahkamah New York, Kamis sore, kata pengacaranya. Di sana ia akan dipantau selama 24 jam oleh perusahaan keamanan yang dibayar Strauss-Kahn sendiri dan sebuah monitor elektronik akan dipasang di mata kakinya. Tak hanya itu, kamera-kamera video juga akan dipasang di apartemen tersebut dan alarm akan ditempatkan di pintu-pintu demi mencegahnya kabur dari tempat itu.

Dia dijadwalkan dapat menghabiskan malam terakhir di penjara di Pulau Rikers, New York, sementara keluarganya mengumpulkan dana senilai 1 juta dollar dalam bentuk uang tunai dan sebesar 5 juta dollar dalam bentuk jaminan obligasi, setelah itu ia akan dibebaskan.

Sinclair, istri ketiga Strauss-Kahn, dan putri Strauss-Khan, Camille, hadir di pengadilan dan terlihat lega dengan keputusan hakim.

Hakim Pengadilan Tinggi New York diberi tahu bahwa dakwaan telah dijatuhkan terhadap Strauss-Kahn setelah juri seepakat bahwa ada cukup bukti bagi penuntutan.

Pengajuan jaminan yang luar biasa itu menyiratkan bahwa Strauss-Kahn berjuang keras di penjara yang terkenal itu, di mana ia telah ditempatkan sejak Senin setelah permohonan jaminan awal senilai 1 juta dollar ditolak oleh seorang hakim perempuan di pengadilan lebih rendah. Dia telah menghabiskan tiga malam terakhir di sel isolasi di penjara itu dengan pengawasan selama 24 jam demi mencegahnya bunuh diri.

Strauss-Kahn memasuki ruang sidang yang penuh sesak dengan mengenakan setelan abu-abu gelap dan kemeja biru. Ia terlihat tersenyum dua kali ke arah istri dan putrinya yang duduk di barisan depan tempat duduk untuk umum. Camille, yang mengenakan jaket biru tua dan atasan bergaris-garis biru muda dan putih, memegang tangan Sinclair. Dengan ekspresi tegang di wajahnya, Sinclair, yang mengenakan rok abu-abu sepanjang lutut, jaket hitam, dan sepatu kulit coklat muda, menatap ke depan sepanjang sidang.

William Taylor, pembela Strauss-Kahn, mengatakan, kliennya harus dibebaskan karena sudah menyerahkan dokumen-dokumen perjalanannya dan menyewa sebuah perusahaan keamanan swasta dengan bayaran 200.000 dollar per bulan demi memastikan dia tidak meninggalkan Amerika. Dia mengatakan, Strauss-Kahn "seorang terhormat" yang akan "mempertahankan diri" dan bahwa satu-satunya tujuan adalah untuk "membersihkan namanya".

Strauss-Kahn telah mengundurkan diri sebagai Direktur Pelaksana IMF, Rabu malam. Ia mengatakan, dirinya ingin fokus pada kasusnya.

Pengacaranya berjanji, jika dibebaskan dengan uang jaminan, ia tidak akan melarikan diri ke Perancis. Ia mengatakan, kecurigaan bahwa kliennya akan lari ke Perancis dan menjalani kehidupan sebagai seorang buron perkara seksual merupakan "kekonyolan". "Orang ini adalah orang yang memiliki hak untuk dibebaskan dari tahanan," kata Taylor. Ia menambahkan, ada kasus yang melibatkan orang penting lainnya, seperti pemodal Bernard Madoff yang dibebaskan dengan uang jaminan. "Kami dengan hormat meminta pengadilan untuk mengizinkan Strauss-Kahn dibebaskan dan bisa berada bersama keluarganya di bawah kondisi yang diusulkan. Saya tidak bisa memikirkan kondisi lain yang lebih ketat yang mungkin bisa ditawarkan," katanya.

Halaman:
Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X