Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Osama Memuji Revolusi Arab

Kompas.com - 20/05/2011, 03:14 WIB

Washington DC, Rabu - Al Qaeda merilis rekaman pesan terakhir Osama bin Laden, yang isinya memuji gelombang revolusi di Arab. Osama menyebut peristiwa di Arab itu sebagai momen bersejarah yang langka.

Rekaman audio tersebut diunggah di berbagai forum kelompok militan di internet, Rabu (18/5), oleh sayap media Al Qaeda, As Sahab. Lembaga pemantau forum-forum militan, SITE Intelligence, kemudian menerjemahkan rekaman sepanjang 12 menit 37 detik itu ke dalam bahasa Inggris.

Menurut pernyataan Al Qaeda sebelumnya, rekaman pesan Osama ini direkam sekitar seminggu sebelum ia ditembak mati oleh pasukan komando AS di Abbottabad, Pakistan, 2 Mei.

Dalam rekaman itu, Osama secara spesifik memuji revolusi yang berhasil menggulingkan rezim otoriter di Tunisia dan Mesir. Namun, ia tak menyebut gejolak revolusi lain yang terjadi di Yaman, Bahrain, Libya, dan Suriah.

”Saya percaya, angin perubahan akan bertiup di seluruh dunia Muslim,” kata Osama.

Dominasi Barat

Ia menambahkan, gelombang revolusi di Arab ini adalah kesempatan untuk membebaskan diri dari dominasi Barat.

”Di depanmu ada pilihan-pilihan sulit dan juga kesempatan langka yang bersejarah untuk bangkit bersama seluruh umat (Muslim) dan membebaskan diri dari penghambaan terhadap keinginan penguasa, hukum buatan manusia, dan dominasi Barat,” ujar Osama.

Pernyataan ini menunjukkan tujuan dan agenda Al Qaeda terhadap proses perubahan di dunia Arab tersebut, yang berbeda dibandingkan dengan sambutan serupa oleh dunia Barat.

Barat menyambut baik revolusi Arab, yang mereka sebut ”Musim Semi Arab”, dengan harapan perubahan itu akan membawa ke bentuk negara yang demokratis ala Barat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com