Militer: Tak Ada Maaf untuk Mubarak

Kompas.com - 18/05/2011, 15:44 WIB
EditorEgidius Patnistik

KAIRO, KOMPAS.com Dewan Militer yang berkuasa di Mesir, Rabu (18/5/2011), membantah sebuah laporan bahwa dewan itu mungkin akan memaafkan presiden yang terguling, Hosni Mubarak, atau keluarganya. Dewan Militer itu menegaskan, lembaga tersebut tidak akan campur tangan dalam masalah peradilan.

"Sama sekali tidak benar apa yang telah dilaporkan media bahwa Dewan Tertinggi berniat untuk memberi pengampunan bagi mantan Presiden Mohammed Hosni Mubarak atau keluarganya," kata dewan itu di akun Facebook-nya. "Dewan Tertinggi Angkatan Bersenjata tidak mencampuri dengan cara apa pun prosedur hukum terhadap simbol rezim itu," kata pernyataan itu.

Mubarak telah ditahan sejak April lalu atas dugaan keterlibatan dalam kematian para pengunjuk rasa dan korupsi. Dia kini berstatus tahanan di sebuah rumah sakit, di mana ia dirawat karena mengalami serangan jantung ketika sedang diinterogasi. Dua putranya, yaitu Alaa dan Gamal, ditahan di sebuah penjara Kairo. Sementara istrinya, Suzanne, setelah melepaskan aset-asetnya, dibebaskan dengan jaminan. Suzanne juga menghadapi tuduhan korupsi.

Sebuah surat kabar Mesir, yang mengutip sumber militer, mengatakan, Mubarak sedang menyiapkan sebuah surat permintaan maaf dan akan menyerahkan aset-asetnya, serta berharap akan mendapatkan amnesti.

Presiden veteran berusia 83 tahun itu digulingkan pada Februari lalu setelah lebih dari dua minggu terjadi protes massa. Puluhan ribu demonstran sejak saat itu terus menyerukan persidangan untuk dirinya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X