Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Pantas Terjadi pada Pemimpin Korup

Kompas.com - 17/05/2011, 11:29 WIB

KAIRO, KOMPAS.com  — Suzanne, istri Presiden Mesir Hosni Mubarak yang digulingkan, telah menandatangani dokumen untuk menyerahkan hartanya kepada negara.

Kantor berita Mesir, MENA, melaporkan bahwa mantan pasangan orang nomor satu negara itu saat ini sedang diperiksa tentang dugaan korupsi dan mengumpulkan aset secara ilegal, dan sudah siap menyerahkan semua harta milik mereka kepada negara dalam sebuah langkah nyata untuk menghindari penahanan.

Mereka dilaporkan telah memberikan instruksi tersebut kepada pengacara mereka. Mantan ibu negara berusia 70 tahun itu pekan lalu diperiksa atas dugaan telah memanfaatkan posisi suaminya secara ilegal untuk mengumpulkan kekayaan.

Sebelumnya dilaporkan bahwa mantan ibu negara itu menyatakan kesiapannya untuk menyerahkan vila di pinggiran kota Kairo, yang diperkirakan bernilai 741.000 dollar AS dan sebuah rekening senilai 2,8 juta dollar di sebuah bank Mesir, yang ia klaim didirikan untuk tujuan amal. Sementara itu, mantan presiden menyatakan kesiapannya untuk menyerahkan rekening bank senilai 143 juta dollar yang ia akui telah diatur untuk kebutuhan Perpustakaan Iskandariah.

Mubarak dan keluarganya dilarang meninggalkan negara dan aset mereka telah dibekukan. Mantan kepala negara berumur 83 tahun itu dan istrinya saat ini menjalani pengawasan medis di rumah sakit Sharm el-Sheikh, sementara anak-anak mereka, Alaa dan Gamal Mubarak, ditahan di dalam penjara di luar kota Kairo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com