Ini Pantas Terjadi pada Pemimpin Korup

Kompas.com - 17/05/2011, 11:29 WIB
EditorJimmy Hitipeuw

KAIRO, KOMPAS.com  — Suzanne, istri Presiden Mesir Hosni Mubarak yang digulingkan, telah menandatangani dokumen untuk menyerahkan hartanya kepada negara.

Kantor berita Mesir, MENA, melaporkan bahwa mantan pasangan orang nomor satu negara itu saat ini sedang diperiksa tentang dugaan korupsi dan mengumpulkan aset secara ilegal, dan sudah siap menyerahkan semua harta milik mereka kepada negara dalam sebuah langkah nyata untuk menghindari penahanan.

Mereka dilaporkan telah memberikan instruksi tersebut kepada pengacara mereka. Mantan ibu negara berusia 70 tahun itu pekan lalu diperiksa atas dugaan telah memanfaatkan posisi suaminya secara ilegal untuk mengumpulkan kekayaan.

Sebelumnya dilaporkan bahwa mantan ibu negara itu menyatakan kesiapannya untuk menyerahkan vila di pinggiran kota Kairo, yang diperkirakan bernilai 741.000 dollar AS dan sebuah rekening senilai 2,8 juta dollar di sebuah bank Mesir, yang ia klaim didirikan untuk tujuan amal. Sementara itu, mantan presiden menyatakan kesiapannya untuk menyerahkan rekening bank senilai 143 juta dollar yang ia akui telah diatur untuk kebutuhan Perpustakaan Iskandariah.

Mubarak dan keluarganya dilarang meninggalkan negara dan aset mereka telah dibekukan. Mantan kepala negara berumur 83 tahun itu dan istrinya saat ini menjalani pengawasan medis di rumah sakit Sharm el-Sheikh, sementara anak-anak mereka, Alaa dan Gamal Mubarak, ditahan di dalam penjara di luar kota Kairo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.