Jaksa Kantongi Nama Khadafy

Kompas.com - 16/05/2011, 19:16 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Giliran Mahkamah Internasional bakal menghakimi Libya. Menurut warta AP dan AFP pada Senin (16/5/2011), Jaksa Luis Moreno-Ocampo sudah meneken surat penahanan atas nama tiga pejabat Libya. Sangkaan untuk mereka adalah kejahatan terhadap kemanusiaan. "Bukti menunjukkan, pasukan Libya melakukan serangan sistematis dan meluas terhadap warga sipil," kata Luis Moreno.

Menurut Luis Moreno, kemudian, dirinya belum mau menyebutkan nama ketiganya. Namun, menurut perkiraan, nama pemimpin Libya Moammar Khadafy ada dalam daftar tersebut.

Sementara itu, Pemerintah Libya telah mengecam keras keputusan tersebut. Pemerintah Libya menyatakan, praktik-praktik Mahkamah Kejahatan Internasional (ICC) dipertanyakan. Wakil Menteri Luar Negeri Libya Khalid Kaim mengatakan, Mahkamah Internasional adalah bayi Uni Eropa yang dirancang untuk para politisi dan pemimpin Afrika.

"Sebagaimana kebanyakan negara Afrika dan Amerika Serikat, Libya tidak mengakui yurisdiksi Mahkamah Internasional dan akan mengesampingkan pengumuman Mahkamah," kata Kaim.

Kantor jaksa Moreno-Ocampo mengatakan, setelah mengkaji lebih dari 1.200 dokumen dan 50 hasil wawancara dengan sumber kunci dari dalam Libya dan saksi mata, Jaksa Luis Moreno akan memohon Sidang Pra-Peradilan Mahkamah Kejahatan Internasional (ICC) menerbitkan tiga surat perintah penahanan. Ketiga pejabat tersebut dicurigai melakukan dua kategori kejahatan terhadap kemanusiaan—pembunuhan dan penganiayaan—berdasarkan Statuta Roma yang menjadi dasar pendirian Mahkamah Internasional.

Tuduhan terhadap ketiga pejabat Libya itu mencakup rentang waktu menyusul gelombang unjuk rasa anti-Pemerintah Libya yang mulai berlangsung pada 15 Mei.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    Rekomendasi untuk anda
    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.