Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transisi Yaman Tak Butuh Intervensi Asing

Kompas.com - 16/05/2011, 14:36 WIB

KOMPAS.com — Transisi kepemimpinan di Yaman tak membutuhkan intervensi asing. "Rusia mendukung perubahan itu dan setuju tak adanya campur tangan asing," begitu kata Duta Besar Rusia untuk Yaman Sergei Kozlov sebelum bertemu dengan Dewan Syura Yaman Abdul-Aziz Abdul-Ghani di ibu kota Sanaa.

Sebagaimana warta Xinhua pada Senin (16/5/2011), Kozlov mengatakan, semua pihak di dalam negeri Yaman harus mengedepankan dialog untuk memecahkan segala perbedaan. "Semua pihak baik pemerintah maupun oposisi harus menjaga negeri ini aman, stabil, dan selalu bersatu," imbuh Kozlov.  

Sementara itu, Abdul-Ghani mengatakan, pihaknya juga sudah meminta mediasi dari Dewan Kerja Sama Teluk (GCC) untuk mengatasi kebuntuan dialog antara pemerintah dan oposisi.

Hingga kini, unjuk rasa yang pecah sejak pertengahan Februari tahun ini menuntut lengsernya Presiden Al Abdullah Saleh belumlah usai. Belum ada kata sepakat antara partai pendukung Presiden Saleh dan oposisi mengenai masa depan pemerintahan negeri yang acap dituding sebagai sumber terorisme dunia ini.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com