Transisi Yaman Tak Butuh Intervensi Asing

Kompas.com - 16/05/2011, 14:36 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Transisi kepemimpinan di Yaman tak membutuhkan intervensi asing. "Rusia mendukung perubahan itu dan setuju tak adanya campur tangan asing," begitu kata Duta Besar Rusia untuk Yaman Sergei Kozlov sebelum bertemu dengan Dewan Syura Yaman Abdul-Aziz Abdul-Ghani di ibu kota Sanaa.

Sebagaimana warta Xinhua pada Senin (16/5/2011), Kozlov mengatakan, semua pihak di dalam negeri Yaman harus mengedepankan dialog untuk memecahkan segala perbedaan. "Semua pihak baik pemerintah maupun oposisi harus menjaga negeri ini aman, stabil, dan selalu bersatu," imbuh Kozlov.  

Sementara itu, Abdul-Ghani mengatakan, pihaknya juga sudah meminta mediasi dari Dewan Kerja Sama Teluk (GCC) untuk mengatasi kebuntuan dialog antara pemerintah dan oposisi.

Hingga kini, unjuk rasa yang pecah sejak pertengahan Februari tahun ini menuntut lengsernya Presiden Al Abdullah Saleh belumlah usai. Belum ada kata sepakat antara partai pendukung Presiden Saleh dan oposisi mengenai masa depan pemerintahan negeri yang acap dituding sebagai sumber terorisme dunia ini.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.