Kritik AS Bikin China Marah

Kompas.com - 14/05/2011, 11:05 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Pernyataan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton yang menyebutkan rekor pelanggaran hak asasi manusia di China sangat menyedihkan bagi pemerintahan yang menolak demokrasi. Pernyataan itu, sebagaimana warta AP dan AFP, Sabtu (14/5/2011), termaktub dalam majalah Atlantic.

Karuan saja China pun marah dengan pernyataan itu. China kemudian terang-terangan menolak anggapan AS.

Tak cuma itu, China justru balik memperingatkan AS dengan menyebutkan pernyataan yang dikeluarkan Hillary Clinton itu sebagai upaya untuk menggeser kekacauan di Timur Tengah ke China.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Jiang Yu mengatakan, upaya untuk menggeser kerusuhan yang terjadi di Timur Tengah ke China itu akan gagal. "Tak pantas membandingkan China dengan kekacauan di kawasan Afrika Utara atau Timur," kata Jiang Yu.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X