Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Osama Tak Berniat Lari

Kompas.com - 14/05/2011, 04:28 WIB

washington dc, KAMIS - Dari berbagai bukti yang ditemukan di rumahnya di Abbottabad, Pakistan, Osama bin Laden diduga sudah merasa aman dan nyaman tinggal di tempat itu sehingga tak berniat melarikan diri lagi. Hal ini menguatkan dugaan ia punya sistem pendukung di Pakistan.

Beberapa pejabat Pemerintah AS, yang mengikuti dengan dekat perkembangan penyelidikan berbagai barang bukti dari rumah Osama, mengatakan, tak ditemukan tanda-tanda Osama punya rencana melarikan diri dari tempat itu.

Sebelumnya dikabarkan, hasil pemantauan Badan Pusat Intelijen AS (CIA) sejak tahun lalu terhadap rumah tersebut juga menunjukkan tak ada jalan atau terowongan khusus untuk melarikan diri dari rumah itu.

Para pejabat itu juga mengatakan, tak ada tanda-tanda Osama berniat menghancurkan data di dalam komputer dan berbagai sarana penyimpan, sampai akhirnya semua diangkut pasukan Navy SEALs. ”Sepertinya dia menjadi puas diri. Ada begitu banyak materi yang kami temukan di sini daripada yang diduga sebelumnya,” tutur seorang pejabat, yang tak disebut namanya,

Osama juga tinggal di situ dengan pengamanan minim. Saat pasukan Navy SEALs menyerbu rumah tersebut, Senin pekan lalu, hanya ada empat laki-laki di dalam kompleks rumah besar itu, yakni Osama, satu anak laki-lakinya, dan dua kurir.

”Apa arti semua ini? Bagaimana dia bisa hidup begitu nyaman di tempat itu dengan pengamanan seminim itu?” kata pejabat tersebut, seperti dilaporkan CNN, Kamis (12/5)

Sebagian pihak di AS berspekulasi, minimnya jumlah pengawal ini bertujuan agar tidak menarik perhatian intelijen AS, yang selalu mengira Osama didampingi banyak pengawal. Meski minim pengawalan, kewaspadaan Osama dan para penghuni rumah itu tetap sangat tinggi.

Para agen rahasia yang memantau rumah itu melihat sedikitnya dua kurir keluar-masuk rumah itu beberapa minggu sebelum penyerbuan pasukan AS. Para kurir tersebut sangat waspada dan hati-hati. Mereka, misalnya, baru menyalakan telepon seluler setelah berada jauh di luar kota.

Detail kehidupan

Osama pun dilaporkan mengirimkan pesan kepada para bawahannya dengan mengetik surat, yang kemudian disimpan dalam flash drive. Seorang kurir kemudian akan membawa flash drive itu ke sebuah warung internet jauh di luar kota untuk kemudian mengirimkannya melalui surat elektronik. Dengan demikian, jejak elektronik Osama tak akan langsung terlacak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com