Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khadafy: Saya Berada di Tempat Aman

Kompas.com - 14/05/2011, 04:21 WIB

TRIPOLI, KOMPAS.com — Moammar Khadafy, Jumat (13/5/2011), mengatakan, dia berada di sebuah tempat di mana bom NATO tidak bisa mengenai dirinya. Pernyataan terbaru Khadafy itu muncul setelah juru bicara pemerintah membantah kabar bahwa pemimpin Libya itu terluka dan dalam pelarian.

"Saya ingin mengatakan kepada para tentara pengecut Barat bahwa saya tinggal di tempat di mana saya tidak bisa dicapai atau dibunuh. Saya tinggal di hati jutaan orang," kata Khadafy dalam pesan audio yang disiarkan di televisi negara.

Dia merujuk ke serangan pada Kamis dini hari terhadap kompleks Bab al-Aziziya yang menyebabkan kematian tiga warga sipil, wartawan, kata rekaman itu, yang keasliannya tidak dapat diverifikasi. Dia mengucapkan terima kasih kepada kepala negara yang telah menanyakan kondisi kesehatannya setelah serangan udara NATO itu.

Menteri Luar Negeri Italia, Franco Frattini, mengatakan sebelumnya bahwa Khadafy mungkin dalam pelarian dan terluka. Komentar Frattini itu berdasarkan pada sebuah kabar yang katanya disampaikan oleh Giovanni Martinelli, uskup Katolik Roma di Tripoli. Komentar itu muncul saat pemimpin oposisi Libya, Mahmud Jibril, sedang menuju ke Gedung Putih untuk mendapatkan pengakuan dan bantuan dari AS. Frattini sebelumnya mengatakan kepada harian Corriere della Sera, "Saya berpendapat bahwa (Khadafy) mungkin telah melarikan diri dari Tripoli, tetapi bukan dari negaranya."

Namun, juru bicara Pemerintah Libya, Mussa Ibrahim, mengatakan kepada wartawan di Tripoli bahwa Khadafy dalam kondisi kesehatan sangat baik dan bersemangat tinggi. "Dan dia berada di Tripoli," kata Ibrahim sebelumnya.

Frattini juga mengatakan, tekanan internasional telah menyebabkan "disintegrasi di tubuh rezim itu, yang merupakan hal yang kita inginkan". Dia menambahkan, depot senjata Libya telah diserbu oleh pasukan oposisi di pinggiran Tripoli dalam beberapa jam terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com