2 Gempa Kuat Hancurkan Lorca yang Cantik

Kompas.com - 13/05/2011, 05:35 WIB
EditorBenny N Joewono

MADRID, KOMPAS.com — Dua gempa kuat yang mengguncang Lorca, wilayah tenggara Spanyol, dua kali dengan magnitud 4,4 pada pukul 17.03 dan 5,1 pada pukul 18.47 waktu setempat pada Rabu (11/5/2011) telah memaksa sekitar 30.000 penduduk pada Kamis (12/5/2011) tidur di luar rumah.

Dua gempa tersebut merupakan kejadian terburuk setelah kejadian serupa yang pernah mengguncang Spanyol sekitar 50 tahun yang lalu.

Sepuluh orang tewas dan 400 orang terluka, 167 di antaranya harus dirawat secara intensif di Rumah Sakit Virgin de Arrixaca.

Televisi Spanyol, TVE, melaporkan betapa dahsyatnya kerusakan yang ditimbulkan gempa tersebut. Dalam salah satu gambar diperlihatkan sebuah lonceng gereja tua yang runtuh akibat guncangan tersebut.

Perdana Menteri Spanyol Jose Luis Rodriguez Zapatero menyatakan keadaan darurat dan telah mengerahkan 200 pasukan penyelamat untuk segera melakukan evakuasi korban gempa bumi.

"Kami dalam kondisi darurat, tetapi saya percaya tim penyelamat akan bekerja secara maksimal dalam memulihkan kondisi ini," kata Zapatero.

Pascagempa, Pemerintah Spanyol segera mengerahkan para ahli struktur bangunan untuk mempelajari dan menyelamatkan bangunan-bangunan tua bersejarah tersebut. Untuk batas waktu yang belum ditentukan, sekolah-sekolah di Lorca diliburkan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X