Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Giliran Pelajar Diberangus Pasukan Suriah

Kompas.com - 12/05/2011, 21:17 WIB

KOMPAS.com — Unjuk rasa pelajar mesti berhadap-hadapan dengan pasukan keamanan Suriah. Menurut warta AP dan AFP pada Kamis (12/5/2011), kebebasan berekspresi para pelajar itu akhirnya diberangus pasukan tersebut. Di Aleppo, pasukan keamanan memang membubarkan demo para pelajar yang menuntut penghentian kepungan militer di beberapa kota di Suriah, yakni Hama, Deraa, dan Banias. Sebagaimana warta sebelumnya, ketiga kota tersebut merupakan pusat aksi unjuk rasa yang menentang pemerintahan Presiden Bashar al-Assad. Sampai dengan Rabu, militer sudah menewaskan 18 pengunjuk rasa.

Aksi unjuk rasa di Aleppo terpusat di sebuah asrama pelajar dan merupakan aksi demonstrasi terbesar yang pernah dilaksanakan di kota itu. Dalam kaitan ini, Pemerintah Suriah tetap ngotot bahwa mereka mengejar apa yang menurut mereka disebut geng teroris bersenjata.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon meminta Presiden Assad mendengarkan seruan reformasi dan kemerdekaan dan tidak menggunakan kekuatan berlebihan dan menahan secara massal para pengunjuk rasa.

Sebelum aksi unjuk rasa ini, keadaan di Aleppo cukup tenang dan hanya diguncang oleh demonstrasi yang terdiri atas ratusan orang. Banyak analis yang mengatakan bahwa revolusi jalanan hanya akan berhasil bila pengunjuk rasa dapat menguasai Aleppo dan ibu kota Damaskus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com