Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto Kematian Osama Ditunjukkan ke Senat

Kompas.com - 12/05/2011, 11:29 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Badan Pusat Intelijen AS, CIA, memperlihatkan kepada anggota parlen AS foto-foto kematian pemimpin Al Qaeda, Osama bin Laden, yang Presiden Barack Obama katakan terlalu mengerikan untuk dirilis ke publik.

Senator James Inhoffe, anggota Partai Republik dari Oklahoma, mengatakan, ia ditunjukkan 15 foto Osama setelah ia tewas dalam serangan komando AS pada tanggal 2 Mei lalu. Dalam sebuah wawancara dengan CNN, Inhoffe sepakat bahwa foto-foto yang diambil langsung di kompleks perumahan di Pakistan segera setelah Osama tewas memang "cukup mengerikan". "Salah satu tembakan tembus melalui telinga dan rongga mata. Atau peluru itu masuk melalui rongga mata dan keluar - lalu meledak," katanya.

Tiga foto diambil setelah mayat Osama dipindahkan dari kompleks tempat tinggalnya dan diterbangkan ke kapal induk AS di Laut Arab, kata Inhoffe. Foto-foto memperlihatkan mayat pemimpin Al-Qaeda itu dibersihkan dan dipersiapkan untuk upacara pemakaman menurut hukum Islam, dan kemudian ditenggelamkan di laut, katanya.

"Mereka telah membersihkan cukup banyak darah dan berbagai material dari wajahnya sehingga lebih mudah untuk mengidentifikasi siapa orang itu," kata Inhoffe. "Kemudian tentu saja penguburan di laut itu."

Inhoffe mengatakan, ia tidak ragu bahwa orang itu adalah Osama. "Tentu saja, tidak ada keraguan tentang hal itu. Saya telah melihat foto-foto itu. Dia (Osama) sudah pergi. Dia tinggal sejarah," katanya.

Dalam memutuskan untuk tidak mempublikasikan foto-foto itu, Gedung Putih menyatakan takut bahwa foto-foto itu akan mengobarkan sentimen anti AS di Timur Tengah dan digunakan sebagai alat propaganda untuk melawan AS. Namun Inhoffe, yang menyarankan foto-foto sebaiknya dipublikasikan, mengatakan, ia masih yakin bahwa foto-foto yang diambil di atas kapal USS Carl Vinson sebaiknya dipublikasikan.

Selain Inhoffe, anggota senior Partai Republik di Komite Angkatan Bersenjata Senat, foto-foto itu juga akan ditunjukkan kepada sejumlah anggota senat yang lain. Namun John McCain, senator Partai Republik, mengatakan kepada seorang wartawan bahwa ia tidak berencana untuk melihat foto-foto itu. "Saya sudah cukup banyak melihat orang mati dalam hidup saya," kata McCain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com