Politisi yang Dekat dengan Thaksin Ditembak

Kompas.com - 12/05/2011, 05:24 WIB
Editor

Bangkok, Rabu - Seorang politisi oposisi Thailand yang dekat dengan mantan PM Thaksin Shinawatra dan sedang buron ditembak. Ini adalah sebuah serangan, yang menurut pemerintah, bermotivasi politik menjelang pemilu.

Pracha Prasopdee, politisi oposisi itu, adalah seorang anggota parlemen dari partai oposisi, Puea Thai. Namun, parlemen Thailand sudah dibubarkan pekan lalu. Dia dirawat di rumah sakit setelah ditembak di bagian punggung pada Selasa (10/5) malam di Samut Prakan di pinggiran kota Bangkok.

Thailand bersiap untuk pemilu pada 3 Juli dan yang pertama sejak kekerasan politik meletus di Bangkok tahun lalu, yang membuat sekitar 90 orang tewas. ”Pracha yakin ada sebuah motif politik di belakang serangan itu,” kata PM Abhisit Vejjajiva, Rabu (11/5), seusai mengunjungi politisi itu di rumah sakit.

Abhisit mengatakan telah memerintahkan polisi untuk menjamin keamanan semua kandidat parlementer.

Deputi PM Suthep Thaugsuban beranggapan serangan itu ada hubungannya dengan politik.

Menurut polisi, Pracha ditembak oleh seorang pria bersenjata yang bersepeda motor saat politisi itu mengendarai mobilnya. Cederanya diperkirakan tidak mengancam jiwa.

Komisi pemilu Thailand menyatakan keprihatinannya mengenai keamanan setelah serangan paling akhir itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

”Kami telah menetapkan langkah-langkah keamanan yang ketat dan akan mengambil tindakan pencegahan, terutama bagi kandidat-kandidat politik,” kata sekjen komisi itu, Sutthipol Thaweechaikan, pada acara penandatanganan kode etik partai-partai politik.

Juru bicara Puea Thai, Jirayu Houngsub, mengatakan, Pracha berniat untuk mencalonkan diri kembali dalam pemilu mendatang.

Pendukung setia

Halaman:


Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.