Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Bermagnitud 5,3 Guncang Spanyol, 6 Tewas

Kompas.com - 12/05/2011, 03:59 WIB

MADRID, KOMPAS.com — Gempa bumi melanda sebuah kota di Spanyol tenggara, Rabu (11/5/2011), merobohkan sejumlah rumah, merusak beberapa gereja dan bangunan pemerintah, serta menewaskan sedikitnya enam orang.

Sejumlah laporan menyebutkan, gempa bermagnitud 5,3 itu mengguncang kawasan Murcia dan merusak sebuah panti asuhan serta menara gereja di kota yang bergantung pada sektor pertanian itu.

"Menyedihkan, kami konfirmasi... kematian sejumlah warga akibat bangunan roboh, dan puing-puing yang berjatuhan," kata Wali Kota Lorca, Francisco Jodar, kepada stasiun radio Ser.

"Kami berusaha mencari tahu apakah ada orang di dalam rumah-rumah yang roboh," tambahnya.

Seorang juru bicara Pemerintah Murcia mengatakan di radio bahwa enam orang tewas dalam gempa bumi tersebut. Gempa itu terjadi pada pukul 18.47 waktu setempat, menurut data dari Lembaga Geografis Nasional Spanyol.

Badan Gempa AS menyatakan, pusat gempa itu berada 1 kilometer di bawah tanah. Lorca, yang berpenduduk sekitar 90.000 orang, adalah kota peninggalan Zaman Perunggu dan mungkin memperoleh namanya dari bangsa Romawi.

Kota tua itu dihiasi dengan rangkaian gang yang sempit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com