Ramalan Gempa Bikin Roma Panik

Kompas.com - 11/05/2011, 08:43 WIB
EditorEgidius Patnistik

ROMA, KOMPAS.com — Jika kota Roma terlihat agak lengang pada Rabu ini, mungkin karena ribuan penduduk pergi ke luar kota setelah mendengar ada ramalan akan terjadi gempa bumi hebat di Roma. Ramalan menyeramkan itu disampaikan seorang seismolog yang sudah meninggal.

Selama beberapa bulan terakhir ini, situs internet, blog, dan jejaring sosial di Italia diramaikan oleh pembicaraan mengenai ramalan tersebut. Seismolog itu, Raffaele Bendandi—yang mengklaim telah berhasil meramalkan beberapa gempa bumi—menurut rumor di internet meramalkan akan terjadi gempa besar di Roma, Rabu.

Jaringan televisi nasional RAI telah menayangkan program yang dimaksudkan untuk menenangkan agar warga tidak panik. Sayangnya, warga kota tua itu lebih senang mendengarkan rumor dan tidak mengindahkan siaran televisi tersebut. "Saya akan mengatakan kepada bos saya bahwa saya berobat ke rumah sakit sehingga saya bisa mengajukan cuti pada Rabu," ujar Fabio Mengarelli, seorang pramusaji. "Jika saya harus mati, saya memilih mati bersama dengan istri dan anak saya." Banyak orang yang berpikiran demikian.

Bendandi yang meninggal tahun 1979 pada usia 86 tahun yakin bahwa hasil dari pergerakan planet, bulan, dan matahari dapat diramalkan. Pada tahun 1932, dia meramalkan akan terjadi gempa di kawasan Marches, Adriatik, pada 2 Januari. Ramalannya salah. Paola Lagorio, presiden asosiasi pengagum Bendandi yang menjaga semua manuskripnya, mengatakan, sama sekali tidak ada tulisan mengenai ramalan gempa di Roma pada tahun 2011. Jadi, itu ramalan siapa? (Reuters/JOE)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X