Fatah-Hamas Akan Gelar Pertemuan Pertama

Kompas.com - 09/05/2011, 08:43 WIB
EditorEgidius Patnistik

GAZA CITY, KOMPAS.com — Pertemuan pertama antarfaksi yang bertikai di Palestina, Fatah dan Hamas, akan diselenggarakan dalam waktu satu pekan di Mesir, kata seorang pejabat Fatah, Minggu (8/5/2011).

"Kami telah sepakat untuk mengadakan pertemuan pertama kami mengenai penerapan kesepakatan perujukan setelah berakhirnya babak pembicaraan Dewan Revolusioner Fatah saat ini," kata anggota Komite Pelaksana Fatah, Azzam al-Ahmed, kepada radio Voice of Palestine.

Pertemuan tersebut akan membahas pembentukan pemerintah dan calon untuk memimpin kabinet, katanya. Hamas dan Fatah menandatangani kesepakatan perujukan di ibu kota Mesir, Kairo, Rabu pekan lalu, guna mengakhiri empat tahun perpecahan politik dalam tubuh faksi perjuangan Palestina.

Wakil dari 13 faksi, termasuk Fatah pimpinan Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan pesaingnya, Hamas, serta tokoh politik independen menandatangani perjanjian itu setelah melakukan perundingan dengan para pejabat Mesir.

"Kami menandatangani perjanjian itu kendati ada beberapa keberatan. Tetapi, kami menegaskan akan bekerja bagi kepentingan nasional yang lebih tinggi," kata Walid al-Awad, anggota politbiro Partai Rakyat Palestina yang berhaluan kiri.

"Kami telah membicarakan semua keberatan. Semua pihak setuju untuk mempertimbangkan masalah ini," kata Al-Awad kepada televisi Mesir tanpa penjelasan lebih jauh.

Berdasarkan kesepakatan tersebut, di antara tugas utama yang akan ditangani adalah pembentukan satu pemerintah dan pembentukan satu dewan keamanan yang lebih tinggi, yang bertugas mencarikan jalan untuk mengintegrasikan pasukan keamanan Hamas dan Fatah serta mewujudkan satu badan keamanan yang profesional. Perjanjian itu juga mengusulkan pembentukan satu pengadilan pemilu dan pembebasan sejumlah tahanan yang disekap di penjara oleh faksi yang berseteru di Tepi Barat Sungai Jordan dan Jalur Gaza.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.