Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Mahitala Selesaikan Aklimatisasi Terakhir

Kompas.com - 08/05/2011, 22:51 WIB

KATHAMANDU, KOMPAS.com - Empat pendaki dari Tim Indonesia 7 Summits Expedition Mahitala Universitas Parahyangan telah menyelesaikan aklimatisasi terakhir sebelum mendaki puncak gunung tertinggi di dunia, Everest, yang dijadwalkan pada 16 Mei 2011.

Sejak sebulan tearkhir mereka tinggal di Basecamp Everest dan melakukan aklimatiasi dengan mendaki hingga Camp 3 di ketinggian 7.300 meter. Ketua Tim pendaki, Sofyan Arief Fesa mengabarkan dari Basecamp Everest (5.364 meter), Minggu (8/5/2011).

Tim kembali ke Everest Base Camp dari camp tiga setelah beraklimatisasi selama tujuh hari di sana. Semua dalam kondisi sehat, kata dia. Selain, Arief, ketiga pendaki lain adalah Xaverius Frans, Janatan Ginting, dan Broery Andrew.

Menurut Arief, direncanakan timnya akan mendaki ke Puncak Everest (8.848 meter) pada 16 Mei atau lebih cepat empat hari dari jadwal semula. "Berdasarkan informasi yang kami peroleh, cuaca akan cukup baik pada tanggl 12,13, 16, 20, dan 22 Mei. Kami memilih tanggal 16 Mei," kata dia.

Jika semua lancar, mereka diperkirakan akan sampai ke Puncak Everest pada tanggal 21 Mei.

Tim pendukung

Tim pendukung pertama yang beranggotakan enam orang sudah sampai di Lobuche (4.910 m) dan diperkirakan sampai Basecamp Everest pada Senin (8/5/2011). Sedangkan tim pendukung kedua, baru tiba ke Kathmandu dan segera ke Lukla untuk memulai mendaki ke Base Camp Everest. Diperkirakan tim pendukung kedua akan sampai di Basecamp Everest pada tanggal 18 Mei.

Pendakian ke Everest ini, merupakan gunung tertinggi di tujuh benua yang keenam. Sebelumnya, tim telah mencapai Puncak Carstensz Pyramid (Papua, Australasia) pada 23 dan 26 Febuari 2009, Kilimanjaro ( Tanzania, Afrika) pada 10 Agustus 2010, Elbrus (Rusia, eropa) pada 24 Agustus 2010, Vinson (Antartika) pada 13 Desember 2010, Aconcagua (Argentina, Amerika Selatan) pada 9 dan 29 Januari 2011.

Julius Mario, Manajer Ekspedisi mengatakan, setelah dari Everest, tim direncanakan akan mulai mendaki puncak terakhir, yaitu Denali (Amerika) pada 18 Juni. "Jika semua lancar, Tim kami yang didukung sepenuhnya oleh PT Mud King Asia Pasifik Raya, akan menyelesaikan 7 puncak tertinggi di tujuh benua pada 15 Juli 2011," kata dia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com