Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duh, Kucing Pun Ikut Kontes

Kompas.com - 08/05/2011, 21:27 WIB

GRESIK, KOMPAS.com — Sekitar 100 ekor kucing menjadi peserta kontes kucing sehat yang digelar di GOR Petrokimia Gresik, Minggu (8/5/2011), oleh Gresik Cat Fanciers.

Kucing-kucing itu disertakan dalam lomba kucing sehat, kucing makan lahap, dan kucing adu berlari. Jenis kucing yang ikut berlomba bervariasi, mulai dari kucing himalaya, kucing persia, kucing exotic, sampai kucing kampung.

Kriteria penilaian, selain terlihat sehat, postur, bulu, dan karakter juga menjadi pertimbangan kemenangan. Meskipun lucu, apabila ada iritasi pada mata, bisa memengaruhi penilaian. Telinga, mata, kuku, mulut, dan bagian lain dari kucing diperiksa.

Ketua Gresik Cat Fanciers Wahyudiono menuturkan, tim juri terdiri dari dua dokter hewan yang biasa menangani kesehatan kucing, ditambah dengan seorang ahli genetik. "Kami ambilkan juri yang kapabel sehingga hasilnya juga obyektif," tuturnya.

Selisih nilai kucing yang ikut lomba juga tipis. Bahkan, juri harus menilai kembali untuk menentukan juara 1 dan juara 3 karena setelah ditotal nilainya sama. Setelah diamati saksama, salah satu kucing matanya agak iritasi, kata Heri, salah satu juri.

Yang unik adalah saat lomba balap kucing karena banyak kucing yang tidak mau berlari meskipun dipacu dengan mainan di depannya. Kucing itu diperkirakan capek atau stres melihat banyak orang di sekelilingnya. Saat lomba kucing lahap, juga tidak semua kucing makan dengan lahap. Bahkan, ada kucing yang menyentuh makanan saja tidak mau.

Seorang pemilik kucing yang ikut dilombakan, Niwis Indrati (40), menuturkan, dia memelihara kucing peranakan kucing karena lucu, apalagi semua anaknya suka kucing. Menurut dia, saat pulang kerja dalam kondisi lelah, melihat kelucuan kucing yang kadang juga manja, ia menjadi terhibur. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com