Anwar al-Awlaki Masih Luput dari Maut

Kompas.com - 07/05/2011, 19:41 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Amerika Serikat (AS), pascatewasnya pemimpin Al Qaeda Osama bin Laden makin gencar memburu bos-bos Al Qaeda lainnya. Menurut warta Xinhua pada Sabtu (7/5/2011), serangan udara Uwak Sam mengincar petinggi Al Qaeda Yaman Anwar al-Awlaki.

Kala itu, serangan terjadi di tenggara provinsi Shabwa. Serangan itu menargetkan iring-iringan kendaraan al-Awlaki. Tapi, berondongan peluru dari udara itu tidak mengenai mobil yang membawa al-Awlaki. Alhasil, petinggi Al Qaeda yang menduduki posisi menengah di organisasi tersebut masih luput dari maut.

Pasukan Yaman, pada Kamis, juga berhasil menewaskan dua pemimpin Al Qaeda Yaman. "Mereka teridentifikasi sebagai Mosaaid Mubarak al-Jard dan saudara laki-lakinya, Abdullah," kata pernyataan Kementerian Pertahanan Yaman.

Shabwa adalah asal kelahiran keluarga besar al-Awlaki. Sosok tersebut menjadi incaran hidup atau mati AS terkait tuduhan berada di belakang peledakan pesawat AS pada Desember 2009.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.